Pengaruh keragaman produk, promosi dan etika bisnis Islam terhadap minat pembelian konsumen : studi di Tenun Ethnic Troso Jepara

Fatimatuzzahroh, Siti (2020) Pengaruh keragaman produk, promosi dan etika bisnis Islam terhadap minat pembelian konsumen : studi di Tenun Ethnic Troso Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi _1605026031_Siti_Fatimatuzzahroh] Text (Skripsi _1605026031_Siti_Fatimatuzzahroh)
Skripsi _1605026031_Siti_Fatimatuzzahroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu tujuan dari bisnis adalah meningkatkan minat pembelian agar keuntungan yang di dapat juga meningkat, untuk itu pelaku bisnis harus mempunyai strategi yang tepat dan kuat dalam memasarkan produk barang yaitu dengan mempromosikan produk yang mereka jual sehingga dapat bertahan dalam persaingan antar pelaku bisnis. Dengan meningkatkan keragaman produk, pelaku bisnis diharapkan dapat memenuhi permintaan konsumen agar dapat tercapai target keuntunganya. Bukan hanya itu, pelaku bisnis juga harus memperhatikan etika bisnis islam yang telah ditentukan ajaran islam itu sendiri. Ketiga faktor tersebut dijadikan rumusan masalah dalam penelitian ini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keragaman produk, promosi dan etika bisnis islam terhadap minat beli konsumen ditoko Tenun Ethnic Troso Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 responden yang mewakili seluruh konsumen Tenun Ethnic Troso Jepara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2), dengan olah data menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan nilai t hitung dari masing-masing variabel bebas adalah 2.129 untuk variabel keragaman produk, 5.838 untuk variabel etika bisnis islam. Diperoleh t tabel 1,662 (t hitung > t tabel) artinya variabel keragaman produk dan etika bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Sedankan untuk variabel promosi sebesar 0.285 (t hitung < t tabel) yang artinya variabel promosi tidak berpengaruh positif tidak signifikan. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,651 atau 65.1%. yang artinya pengaruh variabel independen (motivasi spiritual, aura branding dan desain produk) terhadap variabel dependen (minat beli) sebesar 0,349, ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel-variabel independen adalah sebesar 34.9% sedangkan sisanya, dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

ABSTRACT:
One of the goals of a business is to increase its profits, for that business people must have the right and strong strategy in marketing their products, namely by promoting the products they sell so that they can survive the competition between business people. By increasing product diversity, it is hoped that business players will be able to meet consumer demand in order to achieve their profit targets. Not only that, business people must also pay attention to Islamic business ethics which have been determined by Islamic teachings itself. These three factors are used as problem formulations in this study. This study aims to determine how much influence the diversity of products, promotions and Islamic business ethics on consumer buying interest in the Tenun Ethnic Troso Jepara shop. This research uses quantitative methods. The sample in this study were 88 respondents representing all consumers of Tenun Ethnic Troso Jepara. The analytical method used in this study is to use the instrument test questions using validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis and hypothesis testing using the t test, f test and coefficient of determination (R2), with data processing using SPSS 16.0 . The results showed the t value of each independent variable was 2.129 for the product diversity variable, 5.838 for the Islamic business ethics variable. Obtained t table 1,662 (t count> t table) means that the variable product diversity and business ethics have a positive and significant effect on purchase intention. Meanwhile, the promotion variable is 0.285 (t count < t table), which means that the promotion variable has no significant positive effect. Meanwhile, the results of the analysis of the coefficient of determination obtained a value of 0.651 or 65.1%. which means that the influence of the independent variables (spiritual motivation, aura branding and product design) on the dependent variable (buying interest) is 0.349, this indicates that the contribution of the independent variables is 34.9% while the rest is explained by other factors not examined in this study.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keragaman Produk; Promosi; Etika Bisnis Islam; Minat Beli Konsumen
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 10 Oct 2022 09:32
Last Modified: 10 Oct 2022 09:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17215

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics