Pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran PAI terhadap akhlak kepada orang tua di SDN 2 Sumbegirang Lasem Kabupaten Rembang

Ulfatunnadhiroh, Ulfatunnadhiroh (2022) Pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran PAI terhadap akhlak kepada orang tua di SDN 2 Sumbegirang Lasem Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503016067_Ulfatunnadhiroh] Text (Skripsi_1503016067_Ulfatunnadhiroh)
Skripsi_1503016067_Ulfatunnadhiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Anak adalah amanat yang dititipkan Allah Swt. kepada orang tua. Orang tua pasti menginginkan agar anak-anaknya menjadi anak yang sholih/ sholihah, berbakti kepada orang tua/berguna bagi nusa dan bangsa. Walaupun anak terlahir dalam keadaan fitrah, namun seringkali orang tua atau pendidik tidak bisa menciptakan nilai yang mendukung bagi tumbuh kembangnya fitrah tersebut. Anak seringkali melakukan kesalahan karena banyaknya pengaruh dari luar atau lingkungan yang mendukung perbuatan tersebut. Contohnya seperti berkelahi, berbicara yang kotor. Maka pentingnya untuk mengajarkan mereka hal-hal yang baik. Salah satunya dengan mengajarkan kepada mereka pelajaran agama Islam sedini mungkin.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : 1)Bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran PAI terhadap akhlak kepada orang tua di SDN2 Sumbergirang Lasem Kabupaten Rembang?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan banyak angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data serta hasilnya. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk menguji hubungan variabel bebas yaitu pembelajaran PAI (X) dan variabel terikat yaitu akhlak kepada orang tua (Y).
Hasil dari data ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (pembelajaran PAI) dan variabel Y (akhlak kepada orang tua). Dengan data analisisnya ialah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pembelajaran PAI (X) terhadap akhlak kepada orang tua (Y) sebesar 26,5% sedangkan 73,5% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya. Nilai signifikansi < 0,05 ( 0,002 < 0,05) yang artinya pada penelitian ini bahwa pembelajaran PAI (X) benar-benar berpengaruh terhadap akhlak kepada orang tua (Y) di SDN2 Sumbergirang Lasem Kabupaten Rembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Siswa; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); Akhlak; Orang Tua
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 09:38
Last Modified: 10 Oct 2022 09:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17219

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics