Pemikiran pendidikan Islam humanis menurut A. Malik Fadjar

Santoso, Tegar Ahmad (2022) Pemikiran pendidikan Islam humanis menurut A. Malik Fadjar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503016085_Tegar_Ahmad_Santoso] Text (Skripsi_1503016085_Tegar_Ahmad_Santoso)
Skripsi_1503016085_Tegar_Ahmad_Santoso.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses dimana didalamya ada tranformasi baik dalam diri maupun komunitas. Pendidikan humanis adalah proses pendidikan yang menganut aliran humanisme, yaitu proses pendidikan yang menempatkan seseorang sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Pendidikan humanis didasari oleh adanya kesamaan kedudukan manusia, A. Malik Fadjar adalah salah satu tokoh yang menggagas pendidikan humanis. Dengan adanya pendidikan humanis diharapkan mampu membangun peradaban dengan membangun budaya memaksimalkan potensi akal dan merdeka dalam eksplorasi kemampuan potensial kemampuan seseorang. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui analisis pemikiran pendidikan Islam humanis menurut A. Malik Fadjar.
Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemikiran pendidikan Islam humanis A. Malik Fadjar bertedensi pada konsep tauhid yang dapat membangun keadaban dan peradaban manusia. Ketika manusia mampu menyeimbangkan dan memaksimalkan secara bersamaan potensi jiwa dan raganya ditambah dengan lajunya perkembangan sains dan teknologi, juga adanya keseimbangan antara dunia dan akhirat. Komponen pendidikan Islam humanis seperti pendidik, peserta didik, metode, lingkungan pendidikan juga kurikulum semua disusun dan berjalan dengan berpijak pada konsep tauhid integral (di asaskan pada prinsip ketuhanan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pendidikan humanis; A. Malik Fadjar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 09:49
Last Modified: 10 Oct 2022 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17220

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics