Analisi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku The Miracle of Giving karya Yusuf Mansur

Allam, Shohibul (2022) Analisi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku The Miracle of Giving karya Yusuf Mansur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503016131_Shohibul_Allam] Text (Skripsi_1503016131_Shohibul_Allam)
Skripsi_1503016131_Shohibul_Allam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (617kB)

Abstract

Pendidikan merupakansalah satu faktor utama dalam kemajuan suatu bangsa dan negara. Pendidikan dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa dan negara. Demikian pula dengan peranan pendidikan Islam dikalangan umat Islam merupakan salah satu bentuk manifestasi dari cita-cita hidup Islam untuk melestarikan, dan menanamkan nilai-nilai Islam tersebut kepada generasi penerus bangsa,
Penelitian ini adalah penelitan kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode dokumentasi dalam mencari datanya. Buku yang menjadi sumber dokumentasi adalah buku The Miracle of Giving karya Ustadz Yusuf Mansur.
Hasil penelitian dari buku The Miracle of Giving karya Yusuf Mansur ini terdapatnya nilai-nilai pendidikan akidah, ibadah dan akhlaq. Pendidikan akidah adalah keyakinan bahwa Allah SWT itu ada (wujud) dimanapun dan kapanpun.mempercayai akan segala janji Allah yang terdapat dalam Al-Quran dan sunnah. Keyakinan ini diharapkan dapat pula menambah rasa syukur atas segala nikmat Allah dan Janji Allah SWT . Nilai pendidikan ibadah dalam buku The Miracle of Giving karya Yusuf Mansur ini adalah pembiasaan Sedekah dan Sholat Tahajud, ilmupembiasaan dan pengalaman melakukan sedekah dan sholat tahajud ternyata bisa menjadi solusi dan dapat mendatangkan keajaiban dari Allah, pendidikan akhlak mengajarkan moralitas budi perkerti luhur bahwasanya aqidah dan ibadah haruslah disertai dengan akhlaq karena denganya nilai-nilai pendidikan islam akan tersampaikan hakikatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Yusuf Mansur
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 10:04
Last Modified: 10 Oct 2022 10:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics