Pendidikan toleransi menurut pandangan KH. Hasyim Asy'ari

Duri, Daman (2022) Pendidikan toleransi menurut pandangan KH. Hasyim Asy'ari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503016140_Daman_Duri] Text (Skripsi_1503016140_Daman_Duri)
Skripsi_1503016140_Daman_Duri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendidikan toleransi menurut pandangan KH. Hasyim Asy’ari mengenai upayanya dalam membangun dan memelihara keutuhan bangsa, baik dalam bidang Islam maupun nasional. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana pendidikan toleransi menurut pandangan KH. Hasyim Asy’ari. Dalam hal ini tujuan penelitian untuk mengetahui pentingnya toleransi, karena pada dasarnya toleransi sesuatu yang perlu kita pegang dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research), yang dilakukan dengan menghimpun dan mengalisis data yang bersumber dari data primer (kitab irsyadus sari) maupun data sekunder atau dari perpustakaan, jurnal atau yang lainnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif literer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (contens analisys).
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa KH. Hasyim Asy’ari berpandangan bahwa toleransi harus dtitanamkan di dalam diri kita masing-masing agar nantinya bisa hidup rukun ketika di masyarakat yang berbagai macam-macam perbedaan.KH. Hasyim Asy’ari sosok ulama yang begitu kharismatik yang begitu sayang kepada umat entah itu beragama Islam maupun non-muslim, tentunya Beliau tidak memandang ras dan golongan, karena semua sama di hadapan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Toleransi; KH. Hasyim Asy’ari
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 10:06
Last Modified: 10 Oct 2022 10:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17225

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics