Hubungan antara tipe kepribadian big five dengan coping stress pada mahasiswa tingkat akhir

Nisa’, Isnaini Khoirin (2022) Hubungan antara tipe kepribadian big five dengan coping stress pada mahasiswa tingkat akhir. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1607016087_Isnaini_Khoirin_Nisa'] Text (Skripsi_1607016087_Isnaini_Khoirin_Nisa')
Skripsi_1607016087_Isnaini_Khoirin_Nisa'.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa pada tingkat akhir perkuliahan berkewajiban untuk menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Menyelesaikan tugas akhir atau skripsi membuat mahasiswa telah memenuhi syarat memperoleh gelar sarjana (S1). Ketika penyelesaian skripsi, mahasiswa rentan mengalami stress. Untuk mengatasi kondisi stress ini, maka setiap individu perlu melakukan coping. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perilaku coping stress adalah kepribadian. Kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Big Five Personality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan tipe kepribadian Big Five dengan coping stress pada mahasiswa tingkat akhir. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa tingkat akhir. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diambil menggunakan instrumen skala kepribadian Big Five Personality (IPIP Big Five Factor) dan skala coping stress. Data dianalisis menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tipe kepribadian Big Five secara bersama-sama memiliki hubungan dengan variabel coping stress. Besar proporsi varians coping stress yang dijelaskan oleh seluruh variabel independen sebesar 46%, sedangkan sisanya yaitu 54% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat 3 tipe kepribadian Big Five (extraversion, conscientiousness, dan neuroticism) yang memiliki hubungan signifikan positif dengan coping stress pada mahasiswa tingkat akhir, dan terdapat 2 tipe kepribadian Big Five (agreeableness dan openness to new experience) tidak memiliki hubungan signifikan dengan coping stress pada mahasiswa tingkat akhir.

ABSTRACT

Student at the final year are obliged to complete a final project or also known thesis. Completing the final project makes the student has fulfilled the requirements to obtain a bachelor’s degree (S1). In completing the thesis, student are prone to stress. To deal with stressful condition, people needs to do coping. One of the factors that influence the behavior of coping stress is personality. The personality that used in this study is the Big Five Personality. This study aims to determine and analyze the relationship between the Big Five Personality and coping stress in final year student. The method is a quantitative with correlation techniques. The research sample was 100 final year student. Sampling was done by purposive sampling. Data is taken using the instrument Big Five Personality scale (IPIP Big Five Factor) and coping stress scale. The data analyzed using multiple correlation test. The results showed that the Big Five personality type variables together had a relationship with the coping stress variable. The large proportion of the variance of coping stress explained by all independent variables is 46%, while the remaining 54% is explained by other variables not examined in this study. There are 3 of Big Five personality types (extraversion, conscientiousness, and neuroticism) which have a significant positive relationship with coping stress in final year students, and there are 2 of Big Five personality types (agreeableness and openness to new experience) which have a significant relationship with coping stress in final-year students.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa tingkat akhir; Coping stress; Kepribadian; Big Five
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 10 Oct 2022 10:20
Last Modified: 10 Oct 2022 10:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17231

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics