Analisis pengaruh digital marketing dan penggunaan sumber daya manusia terhadap kepuasan konsumen : studi kasus tata rias pengantin “Muslim Wedding Gallery”

Umah, Faidlatul (2022) Analisis pengaruh digital marketing dan penggunaan sumber daya manusia terhadap kepuasan konsumen : studi kasus tata rias pengantin “Muslim Wedding Gallery”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026156_FAIDLATUL_UMAH] Text (Skripsi_1605026156_FAIDLATUL_UMAH)
Skripsi_1605026156_FAIDLATUL_UMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Adanya kemajuan teknologi dan informasi, membuat persaingan didalam dunia bisnis semakin ketat. Salah satu bisnis usaha yang juga merasakan ketatnya persaingan saat ini adalah bisnis tata rias pengantin. Persaingan tersebut ditandai dengan berdirinya bisnis sanggar-sanggar rias pengantin yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pelayanan yang ditawarkanpun berbeda-beda, hal tersebut menuntut pihak pemilik sanggar rias pengantin untuk membuat strategi agar mampu bersaing, unggul dibandingkan pesaing tata rias lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan sumber daya manusia terhadap kepuasan konsumen tata rias pengantin Muslim Wedding Gallery. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisi data regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang didapat langsung dari responden melalui penyebaran angket atau kuesioner. Responden dalam penelitian ini yaitu Para pengantin tata rias Muslim Wedding Gallery Semarang dari tahun 2014-2021. Metode yang digunakan dalam pengambilan dan sampel penelitian ini yaitu metode slovin dan menghasilkan 82 sampel dari total populasi 458. Berdasarkan hasil pengujian uji parsial yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa variabel digital marketing (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel Sumber Daya Manusia (X2) juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen tata rias pengantin Muslim Wedding Gallery. Adapun hasil dari uji F dalam penelitian ini diperoleh nilah F hitung sebesar 5,939. F tabel < 2,33. artinya bahwa variabel Digital Marketing (X1), Sumber Daya Manusia (X2), secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.

ABSTRACT:
The existence of advances in technology and information, competition in the business world getting tighter. One of the business businesses that also feel the current tight competition is the bridal makeup business. The competition was marked by the establishment of bridal makeup studios which were established to meet consumer needs. The services of ered are dif erent , this requires the owner or owner of the bridal makeup studio to create a strategy to be able to compete, superior to other competitors . The manager has a strategy to maintain the service quality of the bridal makeup studio for customer satisfaction. This study aims to determine the ef ect of digital marketing and human resources on consumer satisfaction of Muslim Wedding Gallery bridal makeup. This type of research uses quantitative methods with multiple linear regression data analysis techniques that are processed using SPSS. In this study using primary data obtained directly from the respondents through the distribution of questionnaires or questionnaires. Respondents in this study were the brides and grooms of Muslim Wedding Gallery Semarang from 2014-2021. The method used in the sampling and sampling of this research is the slovin method and produces 82 samples from a total population of 458. Based on the results of the partial test that researchers have done, it shows that the digital marketing variable (X1) has a significant ef ect on consumer satisfaction, the Human Resources variable (X2) also has a significant ef ect on consumer satisfaction of Muslim Wedding Gallery bridal makeup. The results of the F test in this study obtained the calculated F value of 5,939, F table 2,33 . It means that the Digital Marketing variable (X1), Human Resources Ix (X2), together have a significant influence on the consumer satisfaction variable.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; Sumber Daya Manusia; Kepuasan Konsumen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 10 Oct 2022 10:23
Last Modified: 10 Oct 2022 10:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17234

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics