Anti-radikalisme dalam pendidikan agama Islam studi pemikiran Habib Luthfi bin Yahya

Ariffudin, Luthfi (2022) Anti-radikalisme dalam pendidikan agama Islam studi pemikiran Habib Luthfi bin Yahya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603016054_Luthfi_Ariffudin] Text (Skripsi_1603016054_Luthfi_Ariffudin)
Skripsi_1603016054_Luthfi_Ariffudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang masalah yang akhir-akhir ini sering terjadi di dunia, khususnya di Indonesia yaitu aksi kekerasan yang bersumber dari pemahaman radikal. Kecenderungannya tindakan radikal tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga remaja bahkan yang masih berstatus pelajar. Dalam hal ini Pendidikan Agama Islam berupaya menciptakan suasana keagamaan yang penuh kasih sayang baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Di Indonesia sendiri ada seorang tokoh yang selalu vokal untuk menyerukan menolak kekerasan, gerakan radikal, dan gerakan lainnya yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. Beliau adalah Maulana Habib Luthfi bin Yahya, seorang ulama yang eksistensinya sudah dikenal di masyarakat kalangan bawah maupun pejabat. Penelitian ini termasuk penelitian studi tokoh dengan tujuan memperoleh sudut pandang beliau tentang anti-radikalisme yang tentunya bisa dilakukan dalam dunia Pendidikan Agama Islam baik di sekolah formal maupun sekolah nonformal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Anti-Radikalisme; Pendidikan Agama Islam; Habib Luthfi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:15
Last Modified: 11 Oct 2022 08:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17237

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics