Efektivitas penggunaan strategi pembelajaran blended learning terhadap capaian hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada masa pandemi covid-19 siswa kelas V MIN 8 Sragen

Khoirunnisak, Armila (2022) Efektivitas penggunaan strategi pembelajaran blended learning terhadap capaian hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada masa pandemi covid-19 siswa kelas V MIN 8 Sragen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603016142_Armila_Khoirunnisak] Text (Skripsi_1603016142_Armila_Khoirunnisak)
Skripsi_1603016142_Armila_Khoirunnisak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian in adalah penelitian tentang efektivitas penggunaan strategi pembelajaran blended learning terhadap capaian hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas V siswa MIN 8 Sragen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi pembelajaran blended learning terhadap capaian hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada masa pandemi covid-19 siswa kelas V MIN 8 Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen pretest postest control group desaign. Sampel yang digunakan terdiri dari 56 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. dengan masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa. Sedangkan hasil data diambil menggunakan teknis tes pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, peneliti mengemukakan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap skor rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari data yang sudah didapatkan, skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,79 dengan standar deviasi sebesar 13,85. Sedangkan kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata sebesar 72,86 dengan standar deviasi sebesar 9, 66. Berdasarkan uji paired sample t-test kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Keputusan itu diambil dari tabel bahwa nilai signifikansi (sig). (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, itu berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maksudnya, TERDAPAT PERBEDAAN SIGNIFIKAN terhadap capaian hasil belajar pretest dan posttest dengan penggunaan strategi pembelajaran blended learning terhadap capaian hasil belajar siswa kelas VB MIN 8 Sragen. Sedangkan uji gain menunjukkan bahwa skor rata-rata N-Gain score menunjukkan 51,67%. Jika diambil kesimpulan berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain menunjukkan kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Blended learning; Hasil belajar; Aqidah akhlak; Pandemi covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 12 Oct 2022 10:07
Last Modified: 12 Oct 2022 10:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics