Tinjauan hukum pidana Islam terhadap kasus pencabulan yang dilakukan oleh anak di bawah umur : studi kasus perkara pidana putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor. 14 /Pid.Sus.Anak/2015/PN Smg

Rikza, Ahmad Fiqda (2022) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap kasus pencabulan yang dilakukan oleh anak di bawah umur : studi kasus perkara pidana putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor. 14 /Pid.Sus.Anak/2015/PN Smg. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502026027_Ahmad_Fiqda_Rikza] Text (Skripsi_1502026027_Ahmad_Fiqda_Rikza)
Skripsi_1502026027_Ahmad_Fiqda_Rikza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tinjauan hukum pidana islam terhadap kasus pencabulan yang dilakukan oleh anak di bawah umur (studi kasus perkara pidana putusan pengadilan negeri semarang nomor. 14 /Pid.Sus.Anak/2015/PN Smg) dalam kasus ini pelaku tindak pidana pencabulan yang dilakukan oleh terdakwa Yuman Safii Nasution yang masih berumur 12 tahun. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tindak pidana kriminalisasi yang dilakukan oleh anak di bawah umur kajian terhadap anak yang berhadapan dengan hukum, karena pada saat ini kasus yang terjadi terhadap anak yang masih di bawah umur sering sekali merasa terabaikan dan jarang melaporkan kepada para penegak hukum. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi putusan hakim dalam menjatuhkan hukuman terhadap tindak pidana pencabulan yang dilakukan oleh anak dibawah umur dan tinjauan hukum pidana Islam terhadap kasus pencabulan yang dilakukan oleh anak di bawah umur.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif yang menggunakan data primer, data sekunder dan data tersier. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah bersifat perskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi putusan pengadilan negeri kota semarang, dengan menelusuri berbagai literatur, baik berupa undang-undang, buku-buku, majalah, artikel, website, serta beberapa karya tulis yang berkenaan dengan tindak pidana pencabulan yang kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analisis dengan pola fikir deduktif untuk memperoleh analisis khusus dalam hukum pidana islam. Serta putusan yang berhubungan dengan tema penelitian.
Berdasar hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan menunjukan bahwa putusan majelis hakim terhadap kasus perkara pidana pencabulan yang dilakukan anak dibawah umur di pengadilan negeri semarang No. 14 /Pid.Sus.Anak/2015/PN Smg terdakwa sudah sangat tepat, ditinjau dari sudut pandang hukum pidana islam. Hal ini dibuktikan dengan putusan majelis hakim melalui tindakan menyerahkan terdakwa yuman safii nasution kepada negara untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan yang layak, sesuai dengan Pasal 82 UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan sesuai dengan undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidan anak. Penerapan hukum terhadap pelaku tindak pidana pencabulan terhadap anak dibawah umur, yaitu dengan memberikan sanksi sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, antara lain pemberian sanksi pidana penjara dan pidana denda dan menurut pandangan Hukum Pidana Islam pelaksanaan sanksi pidana terhadap pelaku pencabulan terhadap anak bisa diterapkan ta’zir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Islam; Anak; Tindak pidana anak; Pencabulan; Pengadilan negeri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 12 Oct 2022 10:28
Last Modified: 12 Oct 2022 10:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics