Modal sosial dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Tambak Bulusan pada wisata Pantai Istanbul

Azmi, Ulul (2022) Modal sosial dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Tambak Bulusan pada wisata Pantai Istanbul. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1506026072_Ulul_Azmi] Text (Skripsi_1506026072_Ulul_Azmi)
Skripsi_1506026072_Ulul_Azmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Desa Tambak Bulusan termasuk warga desa yang menyandang predikat kemiskinan. Menurut data bps.go.id per-tahun 2019-2020 warga miskin di Desa tambak bulusan meningkat dibanding tahun sebelumnya yaitu diangka 18.21 %. Kemiskinan menyebabkan kesejahteraan tidak merata. Peningkatan kesejahteraan ini dapat dilakukan dengan pembangunan sosial. Pembangunan sosial salah satunya menggunakan modal sosial. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bentuk modal sosial yang ada pada Desa Tambak Bulusan serta peran modal sosial pada wisata pantai istambul dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tambak Bulusan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer digali dari hasil wawancara, mencari data atau dokumen dari lembaga yang bersangkutan, dan observasi secara langsung untuk melihat fenomena yang terjadi di Desa Tambak Bulusan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak yang menjadi obyek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber data yang terkumpul, mempelajari data, menelaah, menyusun dalam suatu satuan yang kemudian dikategorikan pada tahap berikutnya dan memeriksa keabsahan serta mendefinisikan dengan analisis sesuai dengan kemampuan daya peneliti untuk membuat kesimpulan peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial pada masyarakat Desa Tambak bulusan pada wisata pantai istambul yakni : (a) Kepercayaan atau Trust merupakan bagian yang memiliki kaitan erat dengan Masyarakat Desa Tambak bulusan pada Wisata Pantai Istambul, hal ini meliputi setiap pekerjaan yang dilakukan masyarakat dilandasi dengan kepercayaan sesame yang berperan meningkatkan kemudahan masyarakat membangun ekonomi lewat bantuan bantuan keuangan ataupun masuknya peran pemerintah. (b) Jaringan sosial meliputi partisipasi semua masyarakat dalam kegiatan (gotong –royong ), membersihkan pantai berprean mejadi hubungan dalam memperkuat kerjasama sesama anggota masyarakat dalam mengelola pantai dan melestarikannya (c)Norma meliputi aturan aturan yang disepakati masyarakat agar wisata pantai berjalan terus dan lestari berperan mengikat masyarakat dalam kehidupan sehari hari baik dalam menjalankan peran dalam masyarakat maupun dalam meningkatkan ekonomi melalui wisata pantai.
Peran modal sosial pada Masyarakat Desa Tambak bulusan pada wisata pantai istambul yakni kapasitas modal sosial yang tersedia belum secara optimal dimanfaatkan untuk penanggulangan kemiskinan karena kelompok-kelompok yang tersedia memiliki keterbatasan akses untuk memberdayakan anggotanya. Selain itu, untuk perluasan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan aktualisasi diri, pada umumnya masyarakat mendapatkan informasi dari keluarga, teman, dan tetangga, sedangkan untuk minta bantuan, pada umumnya mencari bantuan dari kelompok masyarakat yang strata ekonominya setara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modal sosial; Kesejahteraan; Masyarakat; Desa; Wisata pantai
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:17
Last Modified: 13 Oct 2022 08:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17266

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics