Screentime, kebiasaan konsumsi buah dan sayur, serta hubungannya dengan status gizi pada siswa SMP Negeri 16 Semarang

Pradana, Ahmad Rahmansyah Yoga (2022) Screentime, kebiasaan konsumsi buah dan sayur, serta hubungannya dengan status gizi pada siswa SMP Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1507026010_Ahmad_Rahmansyah_Yoga_Pradana] Text (Skripsi_1507026010_Ahmad_Rahmansyah_Yoga_Pradana)
Skripsi_1507026010_Ahmad_Rahmansyah_Yoga_Pradana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Status gizi dapat dipengaruhi oleh asupan zat gizi yang seimbang. Untuk mendapatkan asupan gizi yang seimbang harus mengkonsumsi buah dan sayur secara cukup. Selain itu status juga dipengaruhi oleh energi yang dikeluarkan oleh individu. Salah satu faktor yang mempengaruhi energi yang dikeluarkan individu adalah screentime. Screen time adalah durasi yang dihabiskan untuk kegiatan didepan layar. Apabila asupan energi dan energi yang dikeluarkan tidak seimbang, akan menimbulkan masalah gizi.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan screentime, konsumsi buah dan sayur, dengan status gizi siswa SMPN 16 Semarang.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 67 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diukur adalah tingkat screentime dengan menggunakan kuesioner screentime, tingkat konsumsi buah dan sayur dengan menggunakan kuesioner FFQ, dan status gizi menggunakan Indeks Massa Tubuh menurut usia (IMT/U). Analisis bivariat yang digunakan adalah uji spearman.
Hasil: Karakteristik responden yang memiliki High Screentime (94%), dan Low Screentime (6%). Konsumsi buah dan sayur kurang (68,7%), dan konsumsi buah dan sayur baik (31,3%). Status gizi kurang (6%), status gizi normal (62,7%), status gizi lebih (26,9%), dan obesitas (4,5%). Hasil analisis bivariat menunjukan screentime dengan status gizi tidak memiliki hubungan yang bermakna (p > 0,05). Konsumsi buah dan sayur dengan status gizi memiliki hubungan yang bermakna (p < 0,05).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara screentime dengan status gizi dan terdapat hubungan antara konsumsi buah dan sayur dengan status gizi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsumsi; Buah dan sayur; Screentime; Status gizi; Remaja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:18
Last Modified: 13 Oct 2022 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17267

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics