Pengaruh promo kejar diskon, kupon cashback, dan bebas ongkos kirim terhadap perilaku pembelian impulsif melalui aplikasi Tokopedia dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pengguna Tokopedia di Jabodetabek

Maulida, Shafa Nabilla (2022) Pengaruh promo kejar diskon, kupon cashback, dan bebas ongkos kirim terhadap perilaku pembelian impulsif melalui aplikasi Tokopedia dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pengguna Tokopedia di Jabodetabek. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026054_Shafa_Nabilla_Maulida] Text (Skripsi_1805026054_Shafa_Nabilla_Maulida)
Skripsi_1805026054_Shafa_Nabilla_Maulida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh promo kejar diskon terhadap perilaku pembelian impulsif, (2) Pengaruh kupon cashback terhadap perilaku pembelian impulsif, (3) Pengaruh bebas ongkos kirim terhadap perilaku pembelian impulsif. Penelitian sebelumnya juga sudah pernah dilakukan, namun terdapat perbedaan objek dan hasil penelitian, maka dari gap reseach tersebut saya melakukan penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan mengumpulkan data melalui kuesioner, dengan jumlah sampel 96 sampel pada pengguna Tokopedia di wilayah Jabodetabek. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), dengan teknik analisis data (uji analisis deskriptif dan analisis berganda) dan uji hipotesis (uji determinasi (R2), uji signifikansi simultan/uji f, dan uji signifikansi parameter individual/uji t). Dengan pengolahan data menggunakan SPSS 26.0
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) promo kejar diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Hasil ini dapat dilihat dari nilai t-hitung 5,095 lebih besar dari nilai t tabel 1,986, dan dilihat dari nilai signifikansi pada 0,000 lebih kecil dari 0,05. 2) kupon cashback berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Hasil ini dapat dilihat dari nilai t-hit 3,185 lebih besar dari t tabel 1,986 dan nilai signifikansi pada 0,002 lebih kecil dari 0,05. 3) bebas ongkos kirim tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Hasil ini dapat dilihat dari nilai t hit 1,086 lebih kecil dari t tabel 1,986, dan nilai signifikansi pada 0,281 lebih besar dari 0,05.

ABSTRACT:
This study aims to determine: (1) The effect of discount chase promos on impulsive buying behavior, (2) The effect of cashback coupons on impulsive buying behavior, (3) The effect of free shipping on impulsive buying behavior. Previous research has also been carried out, but there are differences in objects and results, so from the research gap, I conducted this research.
This study uses a quantitative approach, by collecting data through questionnaires, with a total sample of 96 samples for Tokopedia users in the Jabodetabek area. The analytical method used in this study is to use research instrument tests (validity test and reliability test), classical assumption test (normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test), data analysis techniques (descriptive analysis test and multiple analysis) and hypothesis testing. (test of determination (R2), simultaneous significance test/f test, and individual parameter significance test/t test). With data processing using SPSS 26.0
Based on the results of the study, it was shown that 1) the discount chase promo had a positive and significant effect on impulsive buying behavior. This result can be seen from the t-hit value of 5.095 which is greater than the t-table value of 1.986, and seen from the significance value at 0.000 which is smaller than 0.05. 2) cashback coupons have a positive and significant effect on impulsive buying behavior. This result can be seen from the t-hit value of 3.185 which is greater than the t-table of 1.986 and the significance value at 0.002 is smaller than 0.05. 3) free shipping has no significant effect on impulsive buying behavior. This result can be seen from the t hit value of 1.086 which is smaller than the t table of 1.986, and the significance value at 0.281 is greater than 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; Diskon; Kupon; Cashback; Pembelian Impulsif; Bebas ongkos kirim; Tokopedia; Jabodetabek KEYWORDS: Discount; Promo; Cashback; Coupon; Impulsive Buying
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 14 Oct 2022 09:22
Last Modified: 14 Oct 2022 09:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17288

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics