Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja auditor di kantor akuntan publik Semarang

Rohmawati, Siti (2021) Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja auditor di kantor akuntan publik Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705046108_Siti Rohmawati_Lengkap] Text (Skripsi_1705046108_Siti Rohmawati_Lengkap)
1705046108_Siti Rohmawati_Full Skripsi - Siti Rohmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pada penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu tiga variabel independen berupa gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan budaya organisasi, dan satu variabel dependen yaitu kinerja auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja auditor. Serta untuk mengetahui korelasi antara variabel independen yaitu gaya kepemimpinan, motivasi kerja, budaya organisasi dan variabel dependen yaitu kinerja auditor.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dan data yang digunakan adalah data primer dengan cara melakukan penyebaran kuesioner ke tempat penelitian secara langsung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) Semarang yaitu KAP Arnestesa, KAP Tarmizi Achmad, KAP I. Soetikno, KAP Tri Bowo Yulianti, KAP Benny, Tony, Frans, & Daniel (BTFD), KAP Pho dan Rekan, KAP Endang Dewiwati, KAP Siswanto, KAP Hananta Budianto, dan KAP Bayudi Yohanna Suzy Arie (BYSA). Sampel diambil dari para auditor yang bersedia mengisi kuesioner dan yang terkumpul sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa deskripsi data, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitasregresi), uji hipotesis (analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor, dapat dilihat pada nilai signifikansi uji t yaitu 0,111 > 0,05 serta nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel yakni 1,623 < 2,013 dan dapat mempengaruhi kinerja auditor senilai 24,8%. Motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor, bisa diketahui pada nilai signifikansi uji t yaitu 0,992 > 0,05 serta nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel yakni -0,010 < 2,013 dan dapat mempengaruhi kinerja auditor senilai 0,1%. Budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja auditor, bisa diketahui pada nilai signifikansi uji t 0,027 < 0,05 dan nilai thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 2,277 > 2,013 dan dapat mempengaruhi kinerja auditor senilai 32,6%. Pengujian secara simultan gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja auditor, hasil ini dapat diketahui pada nilai signifikansi uji F 0,014 < 0,05 dan nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel yaitu 3,953 > 2,81 dan dapat mempengaruhi kinerja auditor senilai 20,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan; Motivasi kerja; Budaya organisasi; Kinerja auditor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:50
Last Modified: 07 Oct 2022 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics