Tinjauan hukum Islam terhadap strategi pemasaran dengan sistem endorsement

Laksana, Anggara Badra (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap strategi pemasaran dengan sistem endorsement. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036056_Anggara _Badra_Laksana] Text (Skripsi_1502036056_Anggara _Badra_Laksana)
Skripsi_1502036056_Anggara _Badra_Laksana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Etika dalam bisnis menurut beberapa pandangan dan juga menelaah tentang bagaimana etika menurut perspektif Islam yang bernilai ajaran dan tingkah laku yang baik yang telah diajarkan oleh Islam melalui Rasulullah SAW, dan dituangkan kedalam bisnis yang hanya bertujuan mencari laba yang sebesar- besarnya tanpa peduli dengan etika. etika bisnis perspektif Islam mengacuh kepada dua sumber, yaitu Al-Qur’an dan Hadist, dimana unsur-unsur yang ada didalamnya terdapat unsur kesatuan, keseimbangan, dan keadilan dalam aktivitas ekonomi, kehendak bebas dimana manusia diberikan kebebasan untuk mengolah apa yang telah diberikan oleh Allah SWT
Strategi promosi yang dilakukan pengusaha melalui instagram bermacam-macam, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem endorsement. Endorsment adalah bentuk iklan atau promosi yang menggunakan tokoh yang mempunyai pengaruh besar atau selebriti terkenal yang memiliki pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, dan lain sebagainya dari banyak orang. Sistem endorsment ini memanfaatkan para selebgram (selebriti instagram) yang memiliki banyak followers, dengan sistem endorsment ini para pengusaha akan dengan mudah mendapatkan konsumen dan mencapai pasar yang diinginkan. Namun seringkali endorser atau selebgram dalam mempromosikan suatu produk melalui media sosialnya tidak jujur atau memberikan persepsi yang keliru atau tidak sesuai dengan kualitas produk yang diiklankan kepada konsumen, hanya berdasarkan persepsi saja tidak sesuai dengan kenyataannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaran menggunakan endorsment dan analisis hukum Islam mengenai sistem endorsment yang diterapkan dalam bisnis onlineshop @Afi Collection. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitian bersifat deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian yang dapat penulis simpulkan yaitu sistem endorsment di @Afi Collection termasuk ke dalam ijārah ‘amal karena objek sewanya berupa jasa seseorang dengan membayar upah atas jasa yang diperoleh. Kemudian, pada prosesnya ternyata sistem endorsment ini mengandung unsur gharar dimana selebgram melebih-lebihkan dalam menjelaskan produk yang ditawarkan oleh @Afi Collection dan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Strategi Pemasaran; Endorsement
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 14 Oct 2022 10:28
Last Modified: 14 Oct 2022 10:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17310

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics