Tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli hak pakai tanah pengairan milik pemerintah Provinsi Jawa Tengah : studi kasus di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara

Hikmah, Diah Ariful (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli hak pakai tanah pengairan milik pemerintah Provinsi Jawa Tengah : studi kasus di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036076_Diah_Ariful_Hikmah] Text (Skripsi_1502036076_Diah_Ariful_Hikmah)
Skripsi_1502036076_Diah_Ariful_Hikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Inti dari jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar barang atau benda yang mempunyai nilai sukarela diantara kedua belah pihak, yang satu menyerahkan barang dan pihak yang lain menerima barang sesuai dengan ketentuan atau perjanjian yang telah dibenarkan syara dan telah disepakati. Di Karanganyar, Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara terdapat praktik jual beli tanah pengairan yang dilakukan oleh masyarakat desa setempat. Praktik jual-beli tersebut sudah lama dilakukan oleh masyarakat Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, bahkan beberapa tanah sudah dibangun secara permanen dan ditempati warga yang membeli tanah tersebut. Akan tetapi dalam praktik jual beli tanah tersebut tidak disertai dengan pemindahan hak milik karena tanah yang di jual bukan merupakan tanah milik pribadi melainkan hak pemakainan, dan sewaktu – waktu tanah tersebut dapat diambil kembali oleh pihak pemerintah setempat apabila akan dipergunakan. Hal tersebut mengakibatkan adanya pihak yang akan dirugikan sehingga akan mengurangi manfaat dari jual beli tersebut.
Dalam penelitian ini terdapat dua permasalahan yaitu pertama bagaimana praktik jual beli hak pakai tanah pengairan desa di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara ? dan permasalahan yang kedua yaitu bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli hak pakai tanah pengairan desa di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara ? Permasalahan tersebut coba penulis analisa menggunakan pendekatan normatif empiris yang merupakan pendekatan dengan melihat aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial masyarakat.
Dalam penelitian ini dapat disimpukan bahwa Praktik jual beli hak pakai tanah pengairan yang terjadi di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara tidak sesuai dengan hukum agraria nasional dimana tidak dilakukan dihadapan PPAT (asas terang). Dilihat dari perspektif hukum Islam, pelaksanan jual beli hak pakai tanah pengairan tersebut tidak sah. Karena terdapat salah satu rukun, yaitu barang yang diperjualbelikan atau ma’qud alaih yang tidak terpenuhi syarat-syaratnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Akad jual beli; Ijarah; Tanah pengairan; Hak pakai; Milik pemerintah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 15 Oct 2022 07:12
Last Modified: 15 Oct 2022 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17325

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics