Pengaruh akuntabilitas, transparansi dan konsistensi laporan keuangan yayasan terhadap kepercayaan donatur yayasan sosial keagamaan : studi kasus yayasan sosial Panti Asuhan At-Taqwa Tembalang Kota Semarang

Imaniyah, Rosidatull (2021) Pengaruh akuntabilitas, transparansi dan konsistensi laporan keuangan yayasan terhadap kepercayaan donatur yayasan sosial keagamaan : studi kasus yayasan sosial Panti Asuhan At-Taqwa Tembalang Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1805046053_Rosidatull Imaniyah_Lengkap] Text (Skripsi_1805046053_Rosidatull Imaniyah_Lengkap)
1805046053_Rosidatull Imaniyah_Full Skripsi (1) - Rosidatull Imaniyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Yayasan merupakan salah satu bentuk organisasi nirlaba yang sudah umum dijumpai di Indonesia. Yayasan merupakan organisasi yang salah satu sumber dananya berasal dari sumbangan dan masih beragam dalam menerapkan prinsip pelaporan keuangannya, sehingga dapat mengakibatkan adanya penyalahgunaan dana yayasan. Berdasarkan kasus penyalah gunaan dana yayasan yang terjadi di Indonesia, yayasan seharusnya lebih meningkatkan kualitas laporan keuangan. Peningkatan kualitas laporan keuangan dapat ditandai dengan penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan yayasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari akuntabilitas, transparansi dan konsistensi terhadap kepercayaan donatur dalam menyalurkan dananya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan donatur tetap dan tidak tetap di yayasan At-Taqwa Semarang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode non probability sampling dengan menggunakan teknik convinience yang didasarkan pada prinsip kemudahan atau ketersediaan elemen.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang diproses dan dianalisis menggunakan alat bantu Microsoft Excel dan SPSS. Hasil data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas dan Konsistensi berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan donatur yayasan At-Taqwa Semarang, sedangkan untuk transparansi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan donatur yayasan At-Taqwa Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Transparansi; Konsistensi; Kepercayaan donatur
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:56
Last Modified: 10 Oct 2022 08:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics