Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah di Desa Trimulyo Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Ma'arif, Samsul (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah di Desa Trimulyo Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602036156_SAMSUL_MAARIF] Text (Skripsi_1602036156_SAMSUL_MAARIF)
Skripsi_1602036156_SAMSUL_MAARIF.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Praktik pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah di Desa Trimulyo Kecamatan Kayen Kabupaten Pati merupakan adat kebiasaan yang dilakukan warga masyarakat disetiap ada yang meninggal dunia. Pemberian uang menjadi hal yang harus ada, seakan-akan menjadi kewajiban. Dilihat dari semua proses pemakaman jenazah pasti dapat kita temui pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah. Dalam praktinya pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah diberikan kepada semua warga yang ikut membantu mengurus jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, Khataman Al-Qur’an, Menyolatkan Jenazah dan memakamkan jenazah. Kalaupun tidak ada pemberian uang dalam pengurusan jenazah, pasti nanti keluarga yang ditinggalkan merasa kurang nyaman, dan aka nada dampak tersendiri dikalangan masyarakat sekitar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Praktik Pemberian Uang Dalam Proses Pengurusan Jenazah di Desa Trimulyo Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, sekaligus menganalisa dalam koridor Hukum Islam. Metode penelitian yang digunakn untuk mempelajari suatu insiden atau peristiwa dengan jalab menganalisis dan memperdalam fakta yang ada menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Dari hasil penelitian, praktik pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah di Desa Trimulyo Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, yang mana ada beberapa klasifikasi sebagai berikut: pemberian uang memandikan dan mengkafani jenazah merupakan sebagai bentuk Ujrah atau upah. Pemberian uang Khataman Al-Qur’an dan menyolatkan jenazah merupakan bentuk pemberian hadiah atau bisyarah. Dan pemberian uang untuk pemakaman jenazah yang diberikan kepada tukang gali kubur termasuk pemberian Ujrah atau upah. Pemberian uang dalam pengurusan jenazah secara global termasuk dalam ujrah, yang mana telah memenuhi ketentuan dalam hal rukun dan syarat, dan tidak bertentangan dengan Hukum Islam. Jika dilihat dari praktik pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah yang terjadi, umumnya dilakukan atas dasar tolong menolong. Dimana kedua belah pihak saling terbantu, pihak Musta’jir (yang diberi uang) meskipun jumlah yang diberikan tidak seberapa, tapi adanya itu bermanfaat bagi mereka. Apalagi Musta’jir telah meluangkan waktu dan meninggalkan pekerjaannya untuk membantu dalam pengurusan jenazah. sedangkan bagi Mu’jir, sangat terbantudengan adanya Musta’jir, karena tidak mungkin pihak keluarga bisa melakukan pengurusan jenazah sendirian, mulai dari memandikan jenazah, mengkafani, menshalatkan sampai memakamkan jenazah. selain itu ditinjau maslahah mengenai niat pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah, sumber uang, dan dampak yang ditimbulkan adanya pemberian tersebut. Bagi orang yang mampu pemberian uang dalam proses pengurusan jenazah ini dihukumi Mubah (Boleh). Akan tetapi berbeda apabila jenazah merupakan kategori masyarakat yang kurang mampu, maka hukumnya Makruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ujrah; Upah; Pengurusan Jenazah; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:34
Last Modified: 17 Oct 2022 02:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17363

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics