Pembinaan ahlak dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Maarif NU 1 Semarang

Suwandi, Agus (2022) Pembinaan ahlak dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Maarif NU 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016010_Agus_Suwandi] Text (Skripsi_1703016010_Agus_Suwandi)
Skripsi_1703016010_Agus_Suwandi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembinaan ahlak dalam mengatasi kenakalan siswa di smk maarif NU 1 Semarang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus krisis moral yang akhir-akhir ini sering terjadi, terutama dalam hal ahlak sopan santun peserta didik yang masih duduk di bangku sekolah. Fokus pembahasan dalam penelitian ini yaitu pembinaan ahlak dengan beberapa upaya yang diterapkan dalam mengatasi kenakalan remaja khususnya dikalangan siswa .
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dibutuhkan dalam skripsi ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari kepala sekolah, waka kurikulum, tenaga pendidik dan siswa-siswi SMK Maarif NU 1 Semarang, sedangkan sumber data sekunder yaitu dari staf sekolah Smk Maarif NU 1 Semarang atau pendukung lain yang diperlukan. Adapun instrumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan data yang diinginkan adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data dapat diperoleh hasil bahwa bentuk-bentuk kenakalan remaja di SMK Maarif NU 1 Semarang adalah merokok, bolos sekolah, dan juga berkelahi. Faktor yang melatar belakangi melakukan kenakalan yaitu timbulnya rasa jenuh pada saat jam pelajaran berlangsung, merasa bosan dengan lingkungan sekolah serta dari masalah yang terjadi didalam keluarga. Metode yang diterapkan dalam pembinaan ahlak di SMK Maarif NU 1 Semarang adalah pembinaan pencegahan dengan memberikan pengetahuan inti dari nilai-nilai agama, kajian keagaaman, pembinaan dari rumah kerumah serta penyembuhan melalui ceramah dan hukuman yang berbeda beda dalam mengatasi kenakalan siswa yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak; Kenakalan Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:18
Last Modified: 24 Oct 2022 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17394

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics