Problematika penggunaan Arab Pegon dalam pembelajaran Tauhid di Madrasah Diniyyah I’anatuth Tholibin Bumiharjo Guntur Demak

Mustikasari, Wiji (2022) Problematika penggunaan Arab Pegon dalam pembelajaran Tauhid di Madrasah Diniyyah I’anatuth Tholibin Bumiharjo Guntur Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016014_Wiji_Mustikasari] Text (Skripsi_1703016014_Wiji_Mustikasari)
Skripsi_1703016014_Wiji_Mustikasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Arab Pegon adalah salah satu media pengajaran yang telah lama digunakan di Madrasah Diniyyah I’anatuth Tholibin Bumiharjo Guntur Demak. Pada kenyataannya hingga saat ini masih dijumpai peserta didik yang belum menguasai Arab Pegon sehingga perlu dicari tahu permasalahan yang muncul dan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Apa saja problematika penggunaan Arab Pegon dalam pembelajaran Tauhid di Madrasah Diniyyah I’anatuth Tholibin Bumiharjo Guntur Demak? 2) Bagaimana upaya untuk mengatasi problematika penggunaan Arab Pegon dalam pembelajaran Tauhid di Madrasah Diniyyah I’anatuth Tholibin Bumiharjo Guntur Demak?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, problematika penggunaan Arab Pegon dalam pembelajaran Tauhid di Madrasah Diniyyah I’anatuth Tholibin Bumiharjo Guntur Demak meliputi: minimnya waktu pembelajaran, guru kurang jelas dalam memberikan penjelasan, peserta didik belum menguasai bahasa sasaran dengan baik, peserta didik kurang memiliki motivasi belajar menggunakan Arab Pegon dalam pembelajaran Tauhid, peserta didik mengalami kesulitan membaca tulisan Arab Pegonnya sendiri. Adapun kedua, upaya untuk mengatasinya, yaitu: guru memberikan PR kepada peserta didik, guru mengulang kata ketika menerjemahkan, meminta peserta didik memperbanyak belajar Arab Pegon, adanya perhatian dan motivasi terhadap peserta didik, adanya kerjasama antara guru dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arab Pegon; Pembelajaran Tauhid; Madrasah Diniyyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:23
Last Modified: 24 Oct 2022 06:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17398

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics