Uji akurasi awal waktu shalat dalam Aplikasi Kesan (kedaulatan santri)

Shohibinnur, Ahmad Rozin (2022) Uji akurasi awal waktu shalat dalam Aplikasi Kesan (kedaulatan santri). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046050_Ahmad_Rozin_Shohibinnur] Text (Skripsi_1602046050_Ahmad_Rozin_Shohibinnur)
Skripsi_1602046050_Ahmad_Rozin_Shohibinnur..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Waktu merupakan salah satu hal terpenting. Salah satu kegiatan ibadah umat islam yang berkaitan dengan waktu adalah Shalat. Di zaman modern ini sudah banyak dikembangkan aplikasi waktu shalat berbasis mobile yang sudah bisa didapatkan di playstore maupun appStore salah satunya yaitu Aplikasi KESAN. Aplikasi KESAN sudah banyak diunduh dan digunakan khalayak umum, maka dari itu timbul pertanyaan apakah aplikasi tersebut akurat atau belum untuk dijadikan dasar sebagai acuan jadwal awal waktu shalat.
Dari latar belakang di atas, ada dua masalah yang akan dibahas penulis, yaitu Bagaimana algoritma dan keakurasian hisab awal waktu shalat dalam aplikasi KESAN(Kedaulatan Santri). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif guna menggambarkan hasil analisis yang penulis lakukan baik menggunakan data, buku, jurnal serta penelitian sebelumnya. Sehingga penulis mampu mengetahui tingkat keakurasian aplikasi KESAN.
Berdasarkan analisis data dan komparasi perhitungan, disimpulkan bahwa aplikasi KESAN dalam penentuan awal waktu shalat dikatakan akurat dengan beberapa hal yang perlu diperbarui. Aplikasi KESAN memakai API web Al Adhlan Majelis Ugama Singapura dan diselaraskan data SIHAT KEMENAG RI. Hasil perhitungan algoritma dikomparasikan dengan Ephemeris hasilnya akurat, hanya selisih dalam ukuran detik, titik koordinat diambil dari gps pengguna, dan memiliki koreksi ikhtiyat yakni Imsak, Subuh, Asar, Maghrib, Isya +3 dan terbit -3 serta midnight 0, aplikasi KESAN tidak terdapat koreksi tinggi tempat sehingga pengguna tidak bisa mengatur ketinggian sesuai dengan kebutuhan serta memerlukan jaringan seluler. Namun dalam aplikasi KESAN banyak fitur yang bisa menambah wawasan kita terutama dalam feed Hikmah setiap hari yang selalu diterbikan setiap harinya, serta banyak materi keislaman yang terkandung di dalam aplikasi KESAN.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Uji akurasi; Awal waktu shalat; Algoritma; Aplikasi Kesan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 522 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:47
Last Modified: 24 Oct 2022 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17406

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics