Tinjauan hukum Islam terhadap praktek persaingan usaha dengan sistem predatory pricing : studi kasus pada promo toko aplikasi Shopee

Saefurrohman, Edi (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek persaingan usaha dengan sistem predatory pricing : studi kasus pada promo toko aplikasi Shopee. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036078_Edi_Saefurrohman] Text (Skripsi_1702036078_Edi_Saefurrohman)
Skripsi_1702036078_Edi_Saefurrohman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Shopee merupakan marketplace yang memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli. Dalam aplikasi Shopee terdapat fitur promo toko yang dapat digunakan oleh seller untuk menarik perhatian para pembeli, dengan memberikan potongan harga pada produk yang ditawarkan. Akan tetapi, fitur ini dapat juga membuka peluang pelaku usaha untuk melakukan perdagangan dengan sistem predatory pricing. Berdasarkan horizontal comparison, peneliti menemukan sebuah produk yang terindikasi menggunakan sistem predatory pricing dengan memanfaatkan fitur promo toko di aplikasi Shopee yakni, produk hair powder best+ dust it. Produk tersebut ditawarkan oleh beberapa seller dengan harga yang sangat rendah dari harga pasarnya. Dengan adanya hal tersebut, tentu akan menjadi hambatan (barrier entry) bagi pelaku usaha lainnya.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana praktek persaingan usaha dengan sistem predatory pricing pada promo toko shopee dan bagaimana tinjauan hukum islam dan hukum persaingan usaha terhadap praktek promo toko dengan sistem predatory pricing diaplikasi shopee. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris. Sumber data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari wawancara dengan pihak customer service shopee dan beberapa seller shopee, kemudian data sekunder dari bahan kepustakaan terkait predatory pricing. Teknik analisa yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu Seller dengan toko bernama Elsa738 dan Joper_store dalam islam kegiatan yang dilakukan disebut sebagai siyasah al-ighraq yang bersifat sporadic dan tidak melakukan sistem predatory pricing. Sementara toko Fashionbyelisa kegiatannya disebut sebagai siyasah al-ighraq yang bersifat predatory dan terindikasi melakukan perdagangan dengan sistem predatory pricing menggunakan fitur promo toko pada aplikasi shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Predatory pricing; Siyasah al-ighraq; Promo; Aplikasi Shopee
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 24 Oct 2022 08:25
Last Modified: 24 Oct 2022 08:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17420

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics