Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Penakluk Badai karya Aguk Irawan MN

Assegaf, Wildan Azza (2022) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Penakluk Badai karya Aguk Irawan MN. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016176_Wildan_Azza_Assegaf] Text (Skripsi_1803016176_Wildan_Azza_Assegaf)
Skripsi_1803016176_Wildan_Azza_Assegaf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Agama islam sangat memperhatikan aspek pembinaan terhadap akhlak. Akhlak mempunyai posisi yang sangat penting dan fundamental pada kehidupan manusia. Dalam UU No 20 pasal 1 tentang sisdiknas tujuan dari pendidikan adalah mebina agar peserta didik dapat memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Penakluk Badai: Novel Biografi KH Hasyim Asy’ari karya Aguk Irawan MN. dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada peserta didik dengan menggunakan media belajar berupa cerita novel dengan penyampaian yang menarik sehingga peserta didik dapat menerima dan memahami materi untuk di implementasikannya di kehidupan nanti.
Penelitian ini termasuk dalam penelitia kepustakaan (library research) yang mana melalui penelitian ini peneliti menggali lebih dalam dan memahami nilai-nilai pendidikan akhlak dari teks-teks yang terdapat dalam novel Penakluk Badai: Novel Biografi KH Hasyim Asy’ari karya Aguk Irawan MN Berdasarkan hasil penelitian dalam novel Penakluk Badai terdapat nilai-nilai pendidikan berupa Nilai-nilai pendidikan akhlak kepada Allah Swt yang meliputi, sikap ikhlas, iktiar dan tawakal kepada Allah, bersyukur kepada Allah, berzikir kepada Allah, berdoa kepada Allah, dan meneladani Rasulullah. Nilai-nilai pendidikan akhlak pada diri sendiri dan sesama manusia meliputi, sifat kejujuran, sifat tawadhu’, berbakti kepada orang tua, memuliakan guru, memuliakan tamu, cinta tanah air, dan toleransi. Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap alam semesta meliputi tujuan manusia diciptakan sebagai khalifah, serta kewajibannya terhadap pemanfaatan dan kelestarian alam semesta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan akhlak; Penakluk Badai
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:42
Last Modified: 25 Oct 2022 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17435

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics