Efektivitas penggunaan metode demonstrasi dengan metode ceramah berbantu media youtube terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP N 2 Patebon Kendal

Farida, Fatkha Rizqiatul (2022) Efektivitas penggunaan metode demonstrasi dengan metode ceramah berbantu media youtube terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP N 2 Patebon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016178_Fatkha_Rizqiatul_Farida_Lengkap] Text (Skripsi_1803016178_Fatkha_Rizqiatul_Farida_Lengkap)
Skripsi_1803016178_Fatkha_Rizqiatul_Farida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode demonstrasi dengan metode berbantu media youtube terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII di SMPN 2 Patebon Kota Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan., dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 2 Patebon Kota Kendal Semester genap tahun ajaran 2022/2023. Kelas VII A sebanyak 20 siswa menjadi kelas kontrol dan kelas VII H sebanyak 20 siswa menjadi kelas eksperimen dan VII B sebanyak 20 siswa dikarenakan jumlah siswa kelas VII sebanyak 160 siswa maka peneliti menggunakan penelitian populasi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-t) dapat diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) pada equal variances assumed yaitu 0.000 atau 0.000 < 0.05 sehingga H1 diterima dan Ho ditolak yang memiliki arti bahwa ada efektivitas penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 2 Patebon Kendal. Berdasarkan paparan di atas, maka dapat diketahui bahwa penggunaan media video youtube dapat mempengaruhi hasil belajar yang positif terhadap mata mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu 5%, oleh sebab itu guru harus terampil dalam menggunakan dan menyajikan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk siswa sesuai dengan materi yang akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi; Media youtube; Pendidikan Agama Islam; Hasil belajar; Mata pelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:03
Last Modified: 25 Oct 2022 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17437

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics