Pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI Sultan Fatah Demak

Dewi, Anisa Maulisa (2022) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI Sultan Fatah Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016180_Anisa_Maulisa_Dewi] Text (Skripsi_1803016180_Anisa_Maulisa_Dewi)
Skripsi_1803016180_Anisa_Maulisa_Dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan dari penggunaan media pembelajaran yang berbasis internet dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil dari pemanfaatan atau keefektifan proses pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran yang berbasis internet.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, yang dilakukan di MI Sultan Fatah Demak terutama pada tingkatan kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan empat metode penelitian, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan jenis sumber data primer dan sekunder dengan hasil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi tersebut kemudian dianalisis. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara yang disertai dengan dokumentasi sebagai pendukung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Sultan Fatah Demak Kelas V, adalah media pembelajaran yang meliputi Whatsapp, Youtube, Google Classroom, Google-Formulir (G-Form), Zoom atau Google Meeting, serta situs Website. Media pembelajaran yang digunakan untuk komunikasi antara pendidik dan peserta didik, mengirimkan materi bahan ajar dan lain sebagainya. Zoom atau Google Meeting biasanya digunakan untuk interaksi dan diskusi secara tatap muka virtual. Sedangkan Google Classroom atau Google Form digunakan untuk menyimpan file materi, serta mengerjakan dan mengirimkan tugas-tugas kepada pendidik dengan melalui file dokumen digital, serta situs Website digunakan untuk wahana dalam mencari informasi, penambah sumber atau referensi. Sehingga dalam pemanfaatan media disebutkan bahwa siswa bisa menggunakan dan mengoperasikan media pembelajaran yang berbasis internet dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Internet; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:14
Last Modified: 25 Oct 2022 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17440

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics