Dinamika Rifa'iyah dalam penentuan awal bulan Kamariah

Mustafa, Zaenal (2022) Dinamika Rifa'iyah dalam penentuan awal bulan Kamariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702046035_Zaenal_Mustofa] Text (Skripsi_1702046035_Zaenal_Mustofa)
Skripsi_1702046035_Zaenal_Mustofa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Rifa’iyah sebagai organisasi masyarakat Islam merupakan kumpulan jama’ah para pengikut KH. Ahmad Rifa’i. Dalam penentuan awal bulan Kamariah, Rifa’iyah pernah membuat surat pemberitahuan kepada para jama’ahnya. Tepatnya pada penentuan awal Syawal 1437 H (2016 M), awal Syawal 1440 H (2019 M), dan awal Ramadhan 1443 H (2022 M) serta mengalami dinamika yang pernah melahirkan keputusan bersama maupun berbeda dengan pemerintah. Tetapi perbedaan yang terjadi yaitu pada penentuan awal bulan Ramadan 1443 H. Terkait dengan hal tersebut, Penulis mencoba meneliti dan menganalisa dinamika Rifa’iyah dalam penentuan awal bulan Kamariah serta faktor-faktor yang melatarbelakanginya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa penelitian pustaka dan dokumenter (library research). Data primer dalam penelitian diperoleh dari surat pemberitahuan penentuan awal bulan Kamariah Rifa’iyah serta wawancara kepada KH. Imbuh Djumali (Ketua Umum Dewan Syuro Pimpinan Pusat Rifa’iyah), Ustadz Hasbillah Masroni (pegiat falak Rifa’iyah), dan KH. Isrofi Mahfudz (Ketua Pimpinan Wilayah Rifa’iyah Jawa tengah), sementara data sekunder diperoleh dari dokumentasi berupa pustaka hisab rukyat maupun astronomi, guna kelengkapan data yang diperlukan dalam penelitian, salah satunya yaitu buku “Keputusan Menteri Agama RI, 1 Ramadan, 1 Syawal dan 1 Zulhijah”. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif-analitik.
Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa dinamika Rifa’iyah dalam penentuan awal bulan Kamariah lebih banyak persamaan antara Rifa’iyah dengan pemerintah. Persamaan tersebut dikarenakan Rifa’iyah banyak mengikuti keputusan sidang isbat yang dilaksanakan oleh pemerintah. Adapun perbedaan pernah terjadi sekali, tepatnya pada penentuan awal bulan Ramadhan 1443 H. Perbedaan tersebut terjadi dikarenakan Rifa’iyah lebih konsisten dengan memakai kriteria imkanur rukyah MABIMS yang lama, sedangkan pemerintah menggunakan kriteria imkanur rukyah dari MABIMS yang baru. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakanginya mengandung beberapa aspek, baik itu aspek politis, edukasi, organisasi, maupun informasi. Dari berbagai apek tersebut satu sama lain saling berhubungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rifa’iyah; Awal bulan Kamariah; Sidang isbat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:15
Last Modified: 25 Oct 2022 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17441

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics