Kecerdasan adversitas Maryam dalam QS. Maryam Ayat 16 – 26

Sholihah, Hilyatus (2022) Kecerdasan adversitas Maryam dalam QS. Maryam Ayat 16 – 26. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504026006_Hilyatus_Sholihah] Text (Skripsi_1504026006_Hilyatus_Sholihah)
Skripsi_1504026006_Hilyatus_Sholihah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas kecerdasan adversitas Maryam dalam Qs.Maryam ayat 16 – 26. Alasan penulis memilih Qs.Maryam ayat 16 – 26 karena pada ayat tersebut mengkisahkan Maryam waktu mengandung dan melahirkan, yang telah kita ketahui Maryam merupakan perempuan yang suci dan bliau bisa hamil tanpa adanya perantara dari seorang laki – laki manapun, karena semua itu atas kehendak Allah SWT. Ketika Maryam sedang mengandung dan melahirkan putranya banyak masalah atau ujian yang ia hadapi. Sehingga dia harus menghadapi semua masalah atau ujian yang diberikan oleh Allah SWT dengan menggunakan kecerdasannya. Kecerdasan adversitas, yang ditemukan oleh Paul G.Stoltz menurutnya adalah ukuran kemampuan seseorang untuk mengahadapi kesulitan. Kecerdasan adversitas mengacu pada kemampuan seseorang untuk menghadapi tantangan atau kesulitan dan menyelesaiakannya dengan mengubah pemikiran dan perilaku seseorang dalam menanganinya.
Fokus pembahasan pada penelitian ini yaitu Bagaimana penafsiran Qs.Maryam ayat 16 – 26 dan Bagaimana kecerdasan Maryam dalam menghadapi segala persoalan yang digambarkan dalam Qs.Maryam :16-26. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat library research (kepustakaan). Sumber data primernya adalah kitab – kitab tafsir berupa kitab Kitab Tafsir Ruhulma’āni fi Tafsir Al Qur’an Al ‘Adhim wa As Sab’ Al Matsani karya Abi Al Fadl Shihab Ad Din As Sayyid. Dalam mengnalisis data – data yang telah diperoleh penulis menggunakan metode descriptive analysis dan menggunakan teknik analisis isi. Dari kedua metode tersebut maka penulis bisa memberikan gambaran yang mengenai penafsiran Qs. Maryam ayat 16-26 sehingga dapat mengambil pesan yang terkandung dalam tafsir tersebut. Disamping itu peneliti juga menggunakan pendekatan tafsir, yaitu penulis menggunakan metode penafsiran Al Qur’an dari segi tafsir tematis (maudhu’i).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penafsiran pada Qs.Maryam:16-26 ini menggambarkan seorang Maryam dari proses dia mengandung sampai melahirkan putranya, dan kecerdasan Maryam ketika menghadapi berbagai persoalan yang telah digambarkan pada Qs.Maryam:16-26 yaitu sabar, ikhtiar, ikhlas atas segala takdir, raja’ (harapan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Maryam; Kecerdasan Adversitas, Tafsir Al-Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:32
Last Modified: 25 Oct 2022 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17450

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics