Konsep Ulul Albab menurut Kitab Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan relevansinnya terhadap perubahan sosial

Rahmaniah, Rahmaniah (2022) Konsep Ulul Albab menurut Kitab Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan relevansinnya terhadap perubahan sosial. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504026014_Rahmaniah_Sabran] Text (Skripsi_1504026014_Rahmaniah_Sabran)
Skripsi_1504026014_Rahmaniah_Sabran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (969kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Konsep Ulul Albab Menurut Kitab Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab Dan Relevansinnya Terhadap Perubahan Sosial”. Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling mulia dan sempurna dalam segala bentuk fisik maupun ruhaniyyah. Manusia dibekali oleh Allah swt berupa akal pikiran yang membedakannya dengan makhluk ciptaan Allah lainnya. Berbicara tentang akal maka berkaitan pula dengan kata Ulul Albab yang di ilustrasikan oleh Allah di dalam Al-Qur’an sebagai tipe ideal manusia karena memiliki kecerdasan akal, kejernihan pikiran serta ketaatannya terhadap Allah SWT.
Namun seiring dengan berkembangnya zaman serta banyaknya perubahan-perubahan yang terjadi disetiap waktunya menjadikan sekelompok kaum yang disebut Ulul Albab ini menurun keberadaannya. Hal ini merupakan tantangan bagi kita semua bagaimana untuk kembali menghidupkan, menumbuhkan serta menerapkan karakter dari Ulul albab ini dikehidupan sehari-hari, terlebih lagi dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Dari latar belakang tersebut peneliti ingin mengkaji bagaimana Konsep Ulul Albab menurut Kitab Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan bagaimana relevansi Ulul Albab menurut Tafsir Al-Misbah terhadap Perubahan Sosial. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif (library research). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan bahasan-bahasan yang terkait dengan penelitian dari berbagai sumber seperti buku, jurnal dan artikel. Sedangkan metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode analisis deskriptif yaitu dengan menggunakan gambaran dari sebuah keadaan suatu obyek atau subyek berdasarkan fakta-fakta yang tampak.
Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa terdapat 16 ayat yang menyebutkankan Ulul Albab di dalam Al-Qur’an dari 16 ayat tersebut beberapa diantarannya terdapat ayat yang memiliki unsur perubahan sosial yang mengarah kepada kemanusiaan dan peradaban. Hal ini berdasarkan pada penafsiran Quraish Shihab yang memaknai Ulul Albab sebagai seorang yang memiliki akal yang murni yang tidak di selubungi oleh kulit, yakni kabut ide yang dapat melahirkan kerancuan dalam berpikir. Dengan kemurnian serta kejernihan akal yang dimilikinya sehingga mereka mampu menjangkau hakikat dan hikmah dari merenungi, memahami serta melaksanakan segala perintah Allah SWT. Penelitian ini menunjukan bahwa sosok Ulul Albab memiliki peranan penting di dalam lingkungan sosial masyarakat karena kejernihan akal, kesucian hati, tingkat keilmuan serta tingkat sosial yang tinggi yang dimilikinnya, mampu membawa pada kebaikan, perubahan serta kemaslahatan umat manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ulul Albab; Perubahan Sosial; Tafsir Al-Misbah; M. Quraish Shihab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:33
Last Modified: 25 Oct 2022 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics