Analisis algoritma hisab dan penggunaan software Rub’ al Sa’at al Muaddal v. 2.0 dalam penentuan arah kiblat

Ghozali, Diah Ayu Wulandari Nur (2022) Analisis algoritma hisab dan penggunaan software Rub’ al Sa’at al Muaddal v. 2.0 dalam penentuan arah kiblat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702046039_Diah Ayu Wulandari Nur Ghozali] Text (Skripsi_1702046039_Diah Ayu Wulandari Nur Ghozali)
Skripsi_1702046039_Diah Ayu Wulandari Nur Ghozali.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Saat ini sangat banyak aplikasi yang memudahkan pembuatan aplikasi baru, dengan bahasa pengcodingan yang mudah. Salah satunya adalah aplikasi Rubu’ Sa’at Al Mu’addal, yang dibuat oleh M. Syauqi Nahwandi beliau seorang dosen di IAIN Cirebon ketika pembuatan tesisnya. Aplikasi Software Rub’ Al Sa’at Al Muaddal v. 2.0 tersedia di blog syauqingisab.blogspot.com. Tidak banyak yang mengetahui mengenai aplikasi ini karena tidak dipublikasikan di Google Play Store namun banyak digunakan dalam dunia pendidikan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menulis sebuah skripsi berjudul Analisis Algoritma Hisab Dan Penggunaan Software Rub’ Al Sa’At Al Muaddal V. 2.0 Dalam Penentuan Arah Kiblat yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan didalam rumusan masalah, yaitu : 1) Bagaimana algoritma perhitungan Penentuan arah kiblat menggunakan Software Rub’ Al Sa’at Al Muaddal v. 2.0? 2) Bagaimana uji akurasi Software Rub’ Al Sa’at Al Muaddal v. 2.0 dalam perhitungan arah kiblat?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan kepustakaan. Yang bertujuan untuk mengetahui detail Software Rub’ Al Sa’At Al Muaddal V. 2.0, metode perhitungan, serta akurasi dalam perhitungan arah kiblat.
Hasil penelitian adalah perhitungan arah kiblat di dalam Software Rub’ Al Sa’At Al Muaddal V. 2.0 menggunakan rumus segitiga bola. Pendekatan ini dinilai cukup akurat berdasarkan bentuk bumi spheroid. Untuk tingkat akurasinya dalam perhitungan arah kiblat termasuk akurat karena hanya berselisih 0˚ 28’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Software; Rub’ Al Sa’At Al Muaddal; Algoritma; Hisab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 525 Earth (Astronomical geography)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:40
Last Modified: 25 Oct 2022 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics