Analisis muatan literasi sains pada buku teks kimia SMA/MA Negeri kelas XI

Najih, Ahmad (2022) Analisis muatan literasi sains pada buku teks kimia SMA/MA Negeri kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608076067_Ahmad_Najih] Text (Skripsi_1608076067_Ahmad_Najih)
Skripsi_1608076067_Ahmad_Najih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Literasi sains adalah kemampuan peserta didik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan sains dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil studi PISA diketahui bahwa kemampuan sains peserta didik Indonesia masih rendah. Hal ini dipengaruhi banyak hal, seperti sumber belajar, dalam hal ini adalah buku teks. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan muatan literasi sains buku teks Kimia SMA/MA kelas XI yang beredar di Kota Semarang. Muatan yang diteliti difokuskan pada science as a body knowledge, science as a way thinking, science as a way of investigasting, dan science and its interaction with technology and society. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi (content). Pemilihan sampel buku teks menggunakan purposive sampling yaitu dengan pertimbangan buku teks kimia yang paling banyak digunakan siswa SMA/MA kelas XI di Kota Semarang. Sebanyak tiga buku teks kimia dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata dimensi literasi sains pada tiga buku, dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan dengan persentase sebesar 87,5%, dimensi sains sebagai jalan investigasi memiliki persentase sebesar 71.6%, persentase sebesar 60% yaitu dimensi sains sebagai jalan berpikir, serta sains dan interaksi dengan teknologi dan masyarakat, dengan hasil persentase sebesar 45%. Dari data tersebut memberikan gambaran bahwa buku teks kimia kelas XI yang digunakan di SMA/MA Kota Semarang telah menggambarkan literasi sains dengan kategori sangat baik. Hanya saja buku-buku tersebut umumnya lebih menekankan pada aspek pengetahuan sains dan kurang menyajikan aplikasi sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains; Buku teks; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:42
Last Modified: 13 Oct 2022 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics