Tinjauan hukum terhadap perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online : studi kasus aplikasi Akulaku

Safira, Nia (2022) Tinjauan hukum terhadap perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online : studi kasus aplikasi Akulaku. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tinjauan hukum terhadap perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online : studi kasus aplikasi akulaku] Text (Tinjauan hukum terhadap perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online : studi kasus aplikasi akulaku)
Skripsi_1702036153_Nia_Safira.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli adalahsuatu transaksi bisnis (commerce) yang tidak dilakukan secara langsung (konvensional), dapat juga dilakukan melalui jasa layanan internet dan teknologi internet ini lebih dikenal dengan e-commerce (electronic commerce). E-commerce mencakup segala proses pengembangan, pemasaran, penjualan, pengiriman, pelayanan, dan pembayaran para pelanggan yang di dukung dari jaringan mitra bisnis. Salah satu teknologi baru dengan munculnya Aplikasi Akulaku yang merupakan marketplace dalam bentuk aplikasi mobile yang memfasilitasi penjual untuk memasarkan produk dan pembeli untuk mendapatkan produk.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian normative empiris (applied law research), dengan menggabungkan hukum normatif yang didukung dengan menambahkan data.Metode pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang kemudian menggunakan metode analisis data kualitatif, yang dimulai dari mengumpulkan data yang diperoleh tentang adanya masalah terkait nomor resi dalam pemesanan barang melalui aplikasi akulaku, yang kemudian dianalisis berdasarkan akad jual beli, hukum Islam dan hukum positif (Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang ITE No.11 Tahun 2008).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pertama dalam praktiknya tentang permasalahan nomor resi telah disampaikan dalam FAQ akulaku, akan tetapi dalam FAQ tersebut hanya dijelaskan jika nomor resi tidak valid disebabkan karena pihak kurir belum mengambil barang atau masalah yang disebabkan oleh server ekspedisi yang sedang mengalami gangguan. Kedua jika ditinjau dengan akad jual beli secara syarat tidak terpenuhi karena terdapat unsur garar dan jahaalahdidalamnya namun secara rukun jual beli telah terpenuhi. Sedangkan jika ditinjau dari UUPK bahwa konsumen memiliki hak untuk mengetahuisegala informasi termasuk resiko yang kemungkinan akan terjadi dalam transaksi di aplikasi akulaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen; Jual beli online; E-commerce; Akulaku
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:57
Last Modified: 25 Oct 2022 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17471

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics