Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli valuta asing pada trading binary option

Astuti, Aryani Wiji (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli valuta asing pada trading binary option. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036159_Aryani_Wiji_Astuti] Text (Skripsi_1702036159_Aryani_Wiji_Astuti)
Skripsi_1702036159_Aryani_Wiji_Astuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Binary option merupakan trading online yang cara kerjanya adalah dengan mengharuskan trader untuk memprediksi atau menebak harga suatu aset akan bergerak naik atau turun dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama karena trader mendapatkan keuntungan sebesar kira-kira 50%-80 % dari modal dan jika salah maka trader mendapat kerugian. Kedua ,para trader khususnya yang beragama Islam tidak memperhatikan dalam trading ini terdapat unsur-unsur yang tidak sesuai dengan syari’at Islam.
Adapun rumusan masalah dalam penenelitian ini adalah bagaimana sistem trading Binary Option dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Valuta Asing Pada Sistem Trading Binary Option.
Jenis dan metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (yuridis empiris) dan data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menyimpulkan, pertama, trading binary option merupakan praktek jual beli mata uang secara online. Ketika melakukan trading, para trader melakukan investasi dengan menentukan jumlah uang. Kemudian trader harus memilih naik atau turun dengan lama waktu yang akan ditentukan. Ketika waktu habis dan pilihannya benar, maka trader akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan presentase yang tertera ketika memilih aset, akan tetapi jika sebaliknya, maka trader mendapat kerugian 100%. Kedua, trading binary option rukun dan syaratnya sesuai akad al-sharf apabila melakukan deposit. Namun sistem atau mekanismenya mengandung unsur gharar dan maysir. Ada beberapa orang yang berpendapat apabila dia ahli dalam menganalisis atau didampingi oleh mentor, maka terhindar dari spekulasi, namun hal tersebut tidak mencegah dari spekulasi. Sehingga praktik trading binary option dalam perspektif hukum Islam hukumnya adalah tidak diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Trading; Binary Option; Jual beli; Valuta Asing; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:02
Last Modified: 25 Oct 2022 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics