Uji verifikasi dan validasi kompas arah kiblat dalam aplikasi gemar kiblat versi 1.1 karya Badan Hisab Rukyat Kota Bandung

Faiq, Azmi Khoirul (2022) Uji verifikasi dan validasi kompas arah kiblat dalam aplikasi gemar kiblat versi 1.1 karya Badan Hisab Rukyat Kota Bandung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702046059_Azmi_Khoirul_Faiq_Lengkap] Text (Skripsi_1702046059_Azmi_Khoirul_Faiq_Lengkap)
Skripsi_1702046059_Azmi_Khoirul_Faiq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di kota Bandung terdapat gerakan kalibrasi arah kiblat yang diinisiasi oleh Badan Hisab dan Rukyat (BHR) kota Bandung. Gerakan tersebut di latar belakangi masih adanya beberapa masjid maupun musala yang arah kiblatnya belum mengarah secara tepat ke arah Ka’bah, selain itu arah kiblat masjid maupun musala tidak pernah dikalibrasi secara rutin serta tidak merujuk pada standar resmi Badan Hisab dan Rukyat (BHR) kota Bandung dan Bimas Islam Kementrian Agama RI. Dalam gerakan tersebut Badan Hisab Rukyat (BHR) kota Bandung juga merilis aplikasi android yang bernama “Gemar Kiblat”, aplikasi ini merupakan sebagai upaya dalam mensukseskan gerakan kalibrasi arah kiblat masjid maupun musala. Oleh karena itu diharapkan seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengkalibrasi arah kiblat sesuai petunjuk dari BHR Kota Bandung.
Penelitian ini tergolong penelitian lapangan, dengan fokus kajian lapangan (field Research),dimana yang akan diteliti oleh penulis adalah sebuah aplikasi Gemar Kiblat versi 1.1 Karya BHR Kota Bandung. Dalam hal ini penulis melakukan pengukuran arah kiblat dengan kompas arah kiblat dalam aplikasi Gemar Kiblat versi 1.1 Karya Badan Hisab Rukyat(BHR) Kota Bandung yang dikomparasikan dengan alat ukur theodolite.Dalam penelitian ini penulis melakukan pendekatan kualitatif, dimana dalam penelitian ini analisis data bersifat induktif serta hasil penelitiannya lebih menekankan makna daripada generisasi.
Dari hasil pengukuran arah kiblat antara aplikasi Gemar Kiblat dengan theodolite besar sudut kemelencengan berkisar 0 ̊ 22’55,08”, sampai 0 ̊ 34’22,58” Oleh karena itu, Kompas arah kiblat aplikasi Gemar kiblat sebagai alat bantu penentuan arah kiblat layak digunakan, karena selisih aplikasi Gemar Kiblat dengan theodolite, yang merupakan metode yang dianggap paling akurat masih dalam batas toleransi yang diperkenankan, yakni dua derajat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Kompas; Aplikasi andoid; BHR
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:05
Last Modified: 25 Oct 2022 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17476

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics