Analisis keabsahan e-contract dalam perspektif hukum perjanjian syariah : studi kasus e-contract dalam e-commerce

Azmi, Arief Ulul (2022) Analisis keabsahan e-contract dalam perspektif hukum perjanjian syariah : studi kasus e-contract dalam e-commerce. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036167_Arief_Ulul_Azmi] Text (Skripsi_1702036167_Arief_Ulul_Azmi)
Skripsi_1702036167_Arief_Ulul_Azmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada era globalisasi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat. Banyak aktivitas bermuamalah dengan jual beli yang memanfaatkan media elektronik internet, yang biasa disebut dengan istilah electronic commerce (e-commerce). Langkah awal sebelum menjadi pengguna dalam e-commerce, harus mengetahui syarat dan ketentuan dari pihak e-commerce. Syarat dan ketentuannya itu biasa disebut electronic contract (e-contract), yakni kontrak yang dibuat melalui elektronik, jadi para pihak tidak langsung bertatap muka saat pembuatan sampai menandatangani kontrak yang telah disepakati. Sehingga sulit untuk mengidentifikasi kecakapan para pihaknya.
Dari permasalahan diatas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari suatu e-contract dalam e-commerce dan keabsahan e-contract dalam e-commerce perspektif hukum perjanjian syariah.
Skripsi ini bersifat normatif dengan bentuk penelitiannya adalah Kepustakaan (Library research) yaitu peneliti mengkaji bahan-bahan pustaka yang ada kaitannya dengan objek penelitian dalam penyusunan skripsi ini, yang selanjutnya data tersebut diolah peneliti secara deduktif.
Bentuk e-contract dalam e-commerce termasuk dalam bentuk kontrak “Click-wrap contract” yaitu suatu kontrak yang berbentuk sofware dalam komputer dan untuk menentukan kata sepakat dalam kontrak tersebut ketika pihak yang menerima penawaran melakukan “click” pada bagian yang ada, biasanya berbentuk “Agree”, “I Accept” dan lain sebagainya. Keabsahan e-contract dalam hukum islam tetap sah karena sesuai atau memenuhi kriteria syarat dan rukun akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Contract; E-Commerce; Perjanjian Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:12
Last Modified: 25 Oct 2022 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17482

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics