Analisis sistem hisab waktu salat dalam Application Islamic Times dewan hisab dan rukyat pimpinan pusat persatuan Islam

Alfianah, Takhta (2022) Analisis sistem hisab waktu salat dalam Application Islamic Times dewan hisab dan rukyat pimpinan pusat persatuan Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046098_Takhta_Alfianah_Lengkap] Text (Skripsi_1802046098_Takhta_Alfianah_Lengkap)
Skripsi_1802046098_Takhta_Alfianah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Aplikasi Islamic Times adalah aplikasi baru dan aplikasipertama yang dimiliki oleh Dewan Hisab dan Rukyat Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PERSIS), salah satu salah satu Ormas di Indonesia. Maka dibutuhkan penelitian dari tingkat keakurasian aplikasi ini, mengingat banyaknya pengguna aplikasi ini dalam kehidupan keseharian mereka. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana sistem hisab waktu salat dalam aplikasi Islamic Times Dewan Hisab Rukyat Pimpinan Pusat Persatuan Islam, dan bagaimana akurasi hasil perhitungan waktu salat dalam aplikasi Islamic Times Dewan Hisab Rukyat Pimpinan Pusat Persatuan Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data primer berupa sistem hisab waktu salat dalam aplikasi Islamic Times Dewan Hisab Rukyat Pimpinan Pusat Persatuan Islam dan hasil wawancara dengan salah satu pengelola aplikasi Islamic Times Dewan Hisab Rukyat impinan Pusat Persatuan Islam. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analitik. Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, sistem
hisab waktu salat dalam aplikasi Islamic Times merupakan salah satu program yang perhitunganya merujuk pada buku Astronomical Algorithmas Second Edition High Accurary. Kedua, Berdasarkan hasil analisis akurasi perhitungan waktu salat dalam aplikasi Islamic Times Dewan Hisab Rukyat Pimpinan Pusat Persatuan Islam memiliki selisih kisaran 0 sampai 1 menit, kecuali waktu Dhuha yang mencapai 8 menit. Sehingga program ini cukup akurat untuk digunakan dalam penentuan waktu salat.
Menu akhir salat Isya guna menunjukan waktu melaksanakan salat Isya yang paling utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prayer times; Application Islamic Times; PERSIS
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:23
Last Modified: 25 Oct 2022 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics