Perancangan program perhitungan data posisi matahari dan bulan berbasis mikrokontroler

Naim, Muhammad Sagise Ainun (2022) Perancangan program perhitungan data posisi matahari dan bulan berbasis mikrokontroler. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046117_Muhammad_Sagise_Ainun_Naim_Lengkap] Text (Skripsi_1802046117_Muhammad_Sagise_Ainun_Naim_Lengkap)
Skripsi_1802046117_Muhammad_Sagise_Ainun_Naim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Data posisi Matahari dan Bulan merupakan referensi dasar dalam pengkajian maupun untuk penerapan Ilmu Falak. Seiring dengan perkembangan teknologi, Ilmu Falak juga berkembang dengan pesat, terbukti ada banyak software / program penghitung data perhitungan data astronomis Matahari dan Bulan. Dari program tersebut masih dibutuhkan pengembangan program yang tidak hanya digunakan pada tahapan desain, namun sampai produk jadi. Berdasarkan permasalahan di atas penulis berinisiatif mengembangkan sebuah program perhitungan data posisi Matahari dan Bulan yang berbasis mikrokontroler yang dapat dikembangkan untuk instrumen falak berbasis elektro dan komputer dengan bantuan mikrokontroler yang bisa digunakan dalam aplikasi Ilmu Falak.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Developmen) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Penelitian ini menghasilkan dua hal: Pertama, penulis berhasil mengembangkan program berbasis mikrokontroler yang diberi nama Orbita yang dapat dijalankan pada mikrokontroler Arduino DUE. Kedua, dengan melakukan beberapa uji coba, diketahui bahwa program Orbita dapat memproses perhitungan dengan hasil baik dari tahun 2005 sampai tahun 3000. Selain itu, hasil dari komparasi program tersebut dengan program Daff Moon dan Stellarium hanya berselisih kurang dari 1 derajat, serta terdapat beberapa data pada Stellarium selisihnya tidak lebih dari 2 derajat. Sehingga, hasil perhitungan program ini dinilai dapat digunakan sebagai sumber data dalam perhitungan falak metode hisab untuk pengembangan instrumen falak berbasis elektro dan komputer.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Data matahari; Data bulan; Mikrokontroler; Program arduino
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:40
Last Modified: 25 Oct 2022 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17493

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics