Pengembangan media pembelajaran komik digital menggunakan aplikasi webtoon pada materi gelombang bunyi dan cahaya, alat optik, dan pemanasan global

Choirunisa, Daniar Rizki (2022) Pengembangan media pembelajaran komik digital menggunakan aplikasi webtoon pada materi gelombang bunyi dan cahaya, alat optik, dan pemanasan global. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608066036_Daniar_Rizki_Choirunisa_Lengkap] Text (Skripsi_1608066036_Daniar_Rizki_Choirunisa_Lengkap)
Skripsi_1608066036_Daniar_Rizki_Choirunisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 menyebabkan pembelajaran berjalan kurang efektif dan menurunnya minat belajar siswa. Pemanfaatan media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa menjadi latar belakang jalannya penelitian pengembangan ini. Peneliti mengembangkan komik digital menggunakan aplikasi webtoon yang dapat membantu siswa mendapatkan media pembelajaran yang menarik dan dapat diakses dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi webtoon pada materi gelombang bunyi dan cahaya, alat optik, dan pemanasan global, mengetahui kelayakan komik digital, serta mengetahui respon siswa terhadap komik digital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi produk mendapatkan nilai rata-rata 3,84 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Respon siswa kelas XI IPA 1 MA Shofa Marwa Toroh terhadap komik digital ini juga dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,11. Kesimpulan yang didapatkan yaitu media komik digital yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan mendapat respon yang baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Komik digital; Webtoon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:08
Last Modified: 25 Oct 2022 04:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17498

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics