Konsep iman menurut M.Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah

Ariza, Ufita Al (2022) Konsep iman menurut M.Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504026125_Ufita_Al_Ariza_Lengkap] Text (Skripsi_1504026125_Ufita_Al_Ariza_Lengkap)
Skripsi_1504026125_Ufita_Al_Ariza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai upaya mencari jawaban atau formulasi baru atas konsep iman menurut Quraish Shihab dalam salah satu karyanya yaitu Tafsir al Mishbah. Apakah sama pemikirannya dengan tokoh-tokoh pemikir kontemporer lain di Indonesia Khususnya. Iman mempuntai pengertian yang cukup luas dan berpengaruh besar bagi kehidupan beragama.
Iman merupakan sesuatu yang abstrak, yang hanya bisa dirasakan dalam hati setiap masong-masing pemiliknya. Buah dari iman dapat direfleksikan dalam bentuk tingkah laku yang baik dan disertai niat yang baik pula. Tidak hanya islam, iman juga dimiliki oleh agama-agama selain islam, yaitu agama samawi (Yahudi dan Nasrani) dan non samawi (Hindu, Budha, Konghuchu dll). Dalam berbagai agama mempunyai banyak definisi maupun konsep tentang iman dan relevansinya dalam kehidupan beragama. Tokoh-tokoh islam di Indonesia juga memiliki berbagai macam pendapat mengenai keimanan yang sebenarnya. Seperti NurCholis Madjid, Syahrur, M Quraish Shihab dan masih banyak lagi.
Dalam penelitian ini, ditemukan bahwasannya konsep iman menburut Quraish Shihab antara lain: (1) Iman yang sebenarnya adalah suatu kepercayaan yang tertanam dalam hati dan jiwa yang menghadirkan Allah dalam setiap perbuatan (amal sholeh) yang dilakukan. (Iman tidak lepas dari amal sholeh, karenanya perlu adanya perbuatan baik yang dilakukan secara dhohir bagi seorang yang beriman. Begitupun Allah tidak akan menerima amal seseorang yang didalam hatinya tidak disertai dengan niat semata-mata karena Allah swt. Amalnya akan sia-sia bagaikan debu yang beterbangan. (3) Quraish Shihab menepis adanya pendapat yang mengutarakan bahwa semua agama sama dimata Tuhan. Menurutnya keimanan yang diharapkan oleh Allah swt ialah disamping beriman dengan Allah dan hari Akhir juga wajib ber-Islam, yakni memelik agama islam dan melaksanakan syari’at yang ada di dalam islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep iman; M.Quraish Shihab; Tafsir Al-Mishbah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:45
Last Modified: 25 Oct 2022 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17505

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics