Strategi dalam menghadapi jin dan setan menurut Syekh Umar Sulaiman Al Asyqar : kajian Kitab Alam Al Jin Wa Al Syayathin

Suhud, Bagus Burhanuddin (2022) Strategi dalam menghadapi jin dan setan menurut Syekh Umar Sulaiman Al Asyqar : kajian Kitab Alam Al Jin Wa Al Syayathin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504046039_Bagus_Burhanuddin_Suhud_Lengkap] Text (Skripsi_1504046039_Bagus_Burhanuddin_Suhud_Lengkap)
Skripsi_1504046039_Bagus_Burhanuddin_Suhud.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana definisi dan sifat jin dan setan menurut Syekh Umar Sulaiman Al Asyqar ? 2) bagaimana strategi mengahadapi Jin dan setan dalam pandangan Syekh Umar Sulaiman Al Asyqar?
Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan model pendekatan content analysis. Dengan sumber data primer yakni Kitab Alam Al Jin Wa Al Syayathin. Dan karya ilmiah lain yang masih memiliki keterkaitan pembahasan dengan penelitian ini sebagai sumber data sekunder.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menurut Syekh Umar Sulaiman Al Asyqar Jin merupakan makhluk Tuhan selain malaikat dan manusia. Yakni keduanya merupakan makhluk yang berakal dan mukallaf. Dan tentang definisi setan, Syekh Umar Sulaiman Al Asyqar berpendapat bahwa setan yang sering diceritakan oleh Allah adalah dari bangsa jin. Yang pada awalnya setan juga menyembah Allah dan tinggal di langit bersama para malaikat dan memiliki potensi potensi untuk masuk surga. Akan tetapi setan dengan keseombongannya membangkang saat diperintah Allah untuk bersujud kepada Nabi Adam.
Dan untuk strategi menghadapi setan Syekh Umar memiliki beberapa cara, antara lain: 1. Waspada dan Siaga 2. Berkomitmen melaksankan Al Qur'an dan As Sunah 3. Berlindung dan Mendekat kepada Allah 4. Menyibukkan Diri dengan Berdzikir kepada Allah 5. Berkumpul dengan Orang-Orang Beriman 6. Membongkar Rencana Setan 7. Menyelisihi Setan 8. Bertaubat dan Beristigfar 9. Hilangkan Kerancuan dan Ketidakjelasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jin; Setan; Syekh Umar Sulaiman Al Asyqar; Kitab Alam Al Jin Wa AlSyayathin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.21 God and spiritual beings > 297.217 Jinn
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:51
Last Modified: 25 Oct 2022 04:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics