Makna 'Ulama' dalam Al-Qur'an: studi semantik

Ahmad, Fahroni (2022) Makna 'Ulama' dalam Al-Qur'an: studi semantik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1604026149_Ahmad_Fahroni_Lengkap] Text (skripsi_1604026149_Ahmad_Fahroni_Lengkap)
skripsi_1604026149_Ahmad_Fahroni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

'Ulamā’ merupakan orang yang berilmu tinggi diberbagai bidang ilmu atau orang yang berilmu luas. Dalam pengertian aslinya, 'ulamā’ mengacu pada yang membidangi ilmu agama, humaniora, masyarakat, dan alam. Sebutan ‘ulamā’ di indonesia masih di fahami secara sempit yang semula dimaksudkan dalam wujud jamak, berganti jadi tunggal. Definisi ‘ulamā’ kini dipersempit, sebab masyhur diartikan sebagai orang yang mempunyai pengetahuan tentang Islam saja.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kejelasan secara rinci tentang makna 'ulamā’ pada kitab suci al-Qur’an berdasarkan pandangan mufassir Qur’an dan mengetahui kontekstualisasi makna semantik 'ulamā’ pada era sekarang.Pendekatan penelitian ini memakai jenis penilitian yang berfokus kepada kajian kepustakaan (library research). Penelitian macam ini menggunakan buku-buku, dokumen dan naskah yang berasal dari khazanah pustaka. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif sebagai penyampai rinci dalam menganilisis sebuah masalah secara deskriptif. Upaya pendekatan dengan penggunaan semantik peneliti menghadirkan objek penggunaan kata 'ulamā’ untuk ditelaah dari makna dasar, makna relasional, makna pra Qur’anic, Qur’anic, hingga pasca Qur’anic. Hasil riset ini akan memeroleh pemahaman secara komprehensif terhadap kata 'ulamā’.
Berdasarkan analisis semantik kata ‘ulamā’ mempunyai makna dasar yaitu ilmuan, sarjana, pakar, master, atau ahli yakni orang yang mengetahui. Kemudian kata ‘ulamā’ mempunyai makna relasional baik sintagmatik dan paradigmatik. Sedangkan kata ‘ulamā’ pada pra Qur’anic, Qur’anic, hingga pasca Qur’anic telah berubah makna, terutama perubahan yang sangat cepat ketika diadopsi ke bahasa Indonesia yaitu seseorang yang mempunyai pengetahuan ilmu agama islam secara mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ulama; Semantik; Al-Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:50
Last Modified: 25 Oct 2022 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17544

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics