Pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan, dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah bank syariah Indonesia : studi pada mahasiswa perbankan syariah angkatan 2017-2020 pengguna bank syariah Indonesia

Familudin, Fachrizal (2021) Pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan, dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah bank syariah Indonesia : studi pada mahasiswa perbankan syariah angkatan 2017-2020 pengguna bank syariah Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705036034_Fachrizal Familudin_Lengkap] Text (Skripsi_1705036034_Fachrizal Familudin_Lengkap)
1705036034_Fachrizal Familudin_Full Skripsi-dikonversi-dikompresi - Fachrizal Familudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah. Dilihat dari data Satisfaction, Loyalty & Engagment Award pada tahun 2019 dan 2021 Bank Syariah Indonesia menempati peringkat 2 dalam kategori nasabah terloyal terhadap bank. Berdasarkan Satisfaction , Loyalty & Engagement Award mendorong peneliti untuk melakukan penelitian kepada Mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2017-2020 yang dimana dalam syarat registrasi masuk UIN Walisongo Semarang Mahasiswa baru diwajibkan untuk membuat rekening baru, yakni rekening yang dulunya BRI Syariah sekarang menjadi BSI.Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang disebarkan kepada nasabah Bank Syariah Indoensia. Sampel diambil sebanyak 85 responden dengan tehnik probability sampling dengan krikteria siapa saja atau acak, tetapi masalah yang akan ditanyakan diketahui oleh yang bersangkutan, dapat diambil sebagai sampel. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25.0. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji statistik melalui uji t test, f test dan koefisien determinan (R²). Dari uji t test yang dilakukan menunjukan bahwa kualitas layanan, citra perusahaan marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Tetapi relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas layanan dan citra perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Tetapi, relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan; Citra perusahaan; Relationship marketing; Loyalitas nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:31
Last Modified: 17 Oct 2022 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17545

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics