Muṣḥaf kuno di Buleleng Bali : kajian rasm dalam manuskrip muṣḥaf Al-Qur’an pusaka Gusti Ngurah Ketut Jelantik Celagi

Muzhoffar, Muhammad Ilham (2022) Muṣḥaf kuno di Buleleng Bali : kajian rasm dalam manuskrip muṣḥaf Al-Qur’an pusaka Gusti Ngurah Ketut Jelantik Celagi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026011_Muhammad_Ilham_Muzhoffar_Lengkap] Text (Skripsi_1804026011_Muhammad_Ilham_Muzhoffar_Lengkap)
Skripsi_1804026011_Muhammad_Ilham_Muzhoffar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Manuskrip Muṣḥaf kuno pada umumnya menggunakan rasm imla’i. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan oleh Jajang Rohmana dalam penelitiannya yang berjudul “Empat Manuskrip Al-Qur’an di Subang Jawa Barat (Studi Kodikologi Manuskrip Al-Qur’an). Penulisan dengan rasm imla’i ini dilakukan karena pada masa itu merupakan ṭahap awal masyarakat mengenal agama Islam. Oleh karena itu, bentuk penulisan model imla’i dipilih untuk memudahkan masyarakat dalam belajar Al-Qur’an. Sedangkan, penelitian yang dilakukan oleh Anton Zaelani dan Enang Sudrajat dalam sebuah artikel yang berjudul “Muṣḥaf Al-Qur’an Kuno di Bali: Jejak Peninggalan Suku Bugis dan Makasar” menyebutkan bahwa 11 dari 12 manuskrip yang diteliti menggunakan rasm uṡmani. Hal ini tentunya menarik untuk diteliti, karena terdapat dua kemungkinan penulisan rasm dalam manuskrip Muṣḥaf kuno, yaitu rasm imlai dan rasm uṡmani.
Penelitian ini merupakan kajian terhadap manuskrip Muṣḥaf Al-Qur’an Pusaka Gusti Ngurah Ketut Jelantik Celagi. Terdapat dua fokus kajian dalam penelitian, yaitu: pertama, mengenai rasm yang digunakan dalam penulisan Al-Qur’an dalam manuskrip ini. Kedua, mengenai karakteristik teks dalam manuskrip Muṣḥaf Al-Qur’an Pusaka Gusti Ngurah Ketut Jelantik Celagi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penulisan library research. Metode yang digunakan dalam penulisan ini mengikuti pola penelitian filologi yang telah dirumuskan oleh Oman Fathurahman dalam bukunya “Filologi Indonesia: Teori dan Metode”. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa, rasm yang digunakan merupakan percampuran antara rasm uṡmani dengan rasm imla’i. Penulisan dengan menggunakan rasm uṡmani hanya ditemukan pada beberapa lafaz saja. Sedangkan, penulisan dengan menggunakan rasm imla’i hampir ditemukan pada seluruh bagian surat dalam manuskrip ini. Adapun manuskrip Muṣḥaf Al-Qur’an Pusaka Gusti Ngurah Ketut Jelantik Celagi menggunakan tanda baca harakat seperti pada Muṣḥaf umumnya. Tanda baca waqaf tidak ditemukan dalam manuskrip ini. Sedangkan, tanda baca tajwid digunakan dalam manuskrip ini. Penamaan surat dalam manuskrip ini dibedakan dengan isi surat. Penamaan surat ditulis dalam pola tersendiri dengan tinta berwarna merah. Sedangkan isi surat ditulis dengan tinta warna hitam. Dalam manuskrip ini juga terdapat sisipan teks (scholia) yang digunakan untuk menulis kata-kata yang kurang dalam suatu ayat, bacaan zikir, dan tanda permulaan ayat pada bagian pojok kiri paling bawah. Kesalahan-kesalahan dalam penulisan (corrupt) juga ditemukan dalam manuskrip ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manuskrip; Muṣḥaf Al-Qur’an; Rasm Uṡmani
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1221 Origin and Authenticity
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:08
Last Modified: 25 Oct 2022 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17551

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics