Analisis hukum Islam terhadap praktek jual beli bucket uang : studi kasus Kota Salatiga

Wulandari, Ulfia Agustina (2022) Analisis hukum Islam terhadap praktek jual beli bucket uang : studi kasus Kota Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036030_Ulfia_Agustina_Wulandari_Lengkap] Text (Skripsi_1802036030_Ulfia_Agustina_Wulandari_Lengkap)
Skripsi_1802036030_Ulfia_Agustina_Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam masyarakat jual beli sudah menjadi bagian dari transaksi yang dilakukan setiap harinya, bermacam-macam jual beli, salah satunya jual beli uang yang dimodifikasi sedemikian rupa, untuk diperjualbelikan seperti jual beli bucket uang. Dalam agama islam telah terdapat rukun dan syarat jual beli yang harus terpenuhi agar transaksi yang dilakukan menjadi sah. Syarat dalam jual beli uang dalam bentuk bucket uang salah satunya adalah benda sejenis yang diperjualbelikan harus memilik takaran yang sama atau seimbang. Namun pada kenyataanya jual beli bucket uang yang sama sejenis terdapat kelebihan. Antara uang yang menjadi objek jual beli dan uang sebagai alat tukar dalam transaksi. Dalam jual beli bucket uang dalam kategori jual beli sejenis sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli menurut agama islam. Jual beli sejenis seperti yang dilakukan di toko-toko bucket uang yang berada di Kota Salatiga, yang menjual antara benda uang dengan uang.
Berdasarkan latar belakang masalah maka permasalahan dalam penulisan skripsi ini menggambarkan tentang : 1) Bagaimana praktik Jual Beli Bucket Uang di Kota Salatiga ? 2) Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Bucket Uang di Kota Salatiga ?
Dalam penelitian Analisis Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Bucket Uang di toko Bloomie Florist, Goofy Collection, dan Itsbinggoo di Kota Salatiga, penulis mengambil jenis penelitian non doktrinal dengan penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu menganalisis permasalahan yang dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum dengan data primer yang diperoleh dari lapangan. Data lapangan berasal dari wawancara yang dilakukan dengan penjual dan konsumen bucket uang toko Bloomie Florist, Goofy Collection, dan Itsbinggoo. Dalam mengumpulkan data agar mendapatkan data yang akurat, aktual, dan terpercaya. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpulkan kemudian akan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa, praktik transaksi jual beli bucket uang, untuk memesan bucket uang melalui 2 cara jika ingin memesan bucket uang, cara pertama melalui media sosial via Whatsapp dan Instagram, dan cara kedua dengan datang langsung ke Toko. Menggunakan media uang yang asli sebagai objek bucket uang, dan alat pembayaran. Transaksi jual beli bucket uang yang dipraktikan dalam jual beli sesama jenis, dalam Islam disebut dengan al-sharf yaitu jual beli uang. Dalam Islam memang dilarang jual beli sama jenis kecuali dengan takaran yang sama atau seimbang. Namun dalam Praktik jual beli bucket uang di toko Bloomie Florist, Goofy Collection, dan Itsbinggoo tidak menjual uang namun jasa. Anatara uang besar dan kecil harga sama, tidak mempengaruhi harga. Jadi harga dihitung berdasarkan jumlah lembar uang untuk jasa upah mengupah bucket uang, jasa pembungkusan, wrapping premium, dan flowers. Pada kasus ini termasuk kedalam ijarah/jasa pembuatan bucket uang. Ijarah bucket uang di Bloomie Florist berdasarkan hadis dan ayat, tidak melanggar hukum Islam, karena penambahan uang tersebut untuk membayar jasa dari penjual yang telah membuat bucket uang. Praktik jual beli bucket uang di Kota Salatiga diperbolehkan dalam Hukum Islam, dan menggunakan akad ijarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Ijarah; Bucket uang; Kota Salatiga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:38
Last Modified: 25 Oct 2022 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17554

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics