Persepsi mahasiswa terhadap tiktok sebagai media dakwah : studi kasus mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang yang menggunakan aplikasi tiktok

Lestari, Susanti (2022) Persepsi mahasiswa terhadap tiktok sebagai media dakwah : studi kasus mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang yang menggunakan aplikasi tiktok. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026127_Susanti_Lestari_Lengkap] Text (Skripsi_1701026127_Susanti_Lestari_Lengkap)
Skripsi_1701026127_Susanti_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Susanti Lestari. NIM 1701026127. Persepsi Mahasiswa terhadap TikTok sebagai Media Dakwah (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang yang Menggunakan Aplikasi TikTok).
Penggunaan aplikasi TikTok di tanah air dan kontroversi penggunaan TikTok sebagai media dakwah menarik, ketika dikaitkan dengan keberadaan mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Mahasiswa KPI mempunyai hubungan yang erat dengan fenomena media online sebagai sarana komunikasi dan juga dakwah, khususnya pada media seperti aplikasi TikTok. Mereka juga merupakan kalangan muda yang banyak menggunakan aplikasi TikTok pada era ini. Terlebih lagi, mereka yang dikenal sebagai agent of change dan agent of control sehingga pentingnya mengetahui berbagai persepsi mereka yang nantinya juga terjun ke dalam masyarakat. Berdasarkan uraian diatas, masalah yang diangkat pada penelitian ini ialah bagaimana persepsi mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang terhadap penggunaan aplikasi TikTok sebagai media dakwah.
Subjek penelitian ini yaitu delapan mahasiswa jurusan KPI FDK UIN Walisongo Semarang dari angkatan yang berbeda. Untuk mengungkap persoalan tersebut, Penulis mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara kepada informan. Kemudian menganalisis fenomena dengan metode analisis menurut Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, persepsi mahasiswa KPI FDK UN Walisongo Semarang memandang TikTok sebagai media dakwah adalah media yang efektif dan relevan jika digunakan dalam berdakwah. TikTok juga dipersepsikan sebagai media dakwah yang baru atau bersifat inovatif, disamping ada media lainnya. TikTok juga bersifat responsif dan dapat memenuhi kebutuhan sekarang, karena di dalamnya terdapat hal dan juga konten positif, seperti informasi, konten edukasi, komedi, bisnis, dan berbagai hal positif lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Tiktok; Media dakwah; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.05 Serial Publications of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:53
Last Modified: 25 Oct 2022 07:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17559

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics