Konsep kebahagiaan menurut Imam Al-Ghazali dan M. Quraish Shihab

Sakinatunnisaa, Salsabila Alifah (2021) Konsep kebahagiaan menurut Imam Al-Ghazali dan M. Quraish Shihab. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704046074_Salsabila_Alifah_Sakinatunnisa_Lengkapa] Text (Skripsi_1704046074_Salsabila_Alifah_Sakinatunnisa_Lengkapa)
Skripsi_1704046074_Salsabila_Alifah_Sakinatunnisaa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kebahagiaan menjadi hal yang sangat diharapkan dalam kehidupan ini, oleh karenanya kebahagiaan menjadi begitu berharga, hal itulah yang membuat setiap manusia akan terus berusaha untuk menemukan jalan kebahagiaan tersebut. Salah satu pemikir Islam dunia yang berfokus pada permasalahan kebahagiaan adalah Imam al-Ghazali. Beliau mendasarkan konsep kebahagiaan pada pengalaman intelektual serta spiritualnya, yang didominasi oleh ajaran sufistik.
Seperti halnya Imam al-Ghazali, M. Quraish Shihab yang merupakan cendikiawan muslim Indonesia juga membahas tentang kebahagiaan dalam beberapa karyanya. Dimana konsep kebahagiaan M. Quraish Shihab juga berdasar pada pengalaman intelektual serta spiritualnya. Imam al-Ghazali dan M. Quraish Shihab merpakan ulama-ulama besar yang hidup di abad yang berbeda, tentunya hal tersebut sangat mempengaruhi pandang atau cara berpikir, khususnya dalam hal mencapai kebahagiaan.
Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan keunikan pandangan antara Imam al-Ghazali dan M. Quraish Shihab, mulai dari persamaan dan perbedaan keduanya dalam memaknai kebahagiaan.
Penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian kepustakaan (library research).
Walaupun Imam al-Ghazali dan M. Quraish Shihab memiliki perjalanan intelektual serta beberapa pandangan yang berbeda, tetapi keduanya memiliki persamaan pemikiran yang cukup banyak. Hal ini dapat dilihat dari kedua tokoh yang memiliki pandangan yang sama terhadap fenomena kebahagiaan, yaitu menjadikan Allah sebagai tujuan untuk dapat meraih serta merasakan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebahagiaan; Imam Al-Ghazali; M. Quraish Shihab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.41 Sufi theology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:50
Last Modified: 25 Oct 2022 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17574

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics