Gambaran intensi radikalisme agama pada santri : studi fenomenologi di Pondok Pesantren An-Nur

Atmaja, Rama Komara (2022) Gambaran intensi radikalisme agama pada santri : studi fenomenologi di Pondok Pesantren An-Nur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604046024_Rama _Komara_Atmaja_Lengkap] Text (Skripsi_1604046024_Rama _Komara_Atmaja_Lengkap)
Skripsi_1604046024_Rama _Komara_Atmaja.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bertolak dari kerangka berpikir bahwa Islam merupakan salah satu agama yang berorientasi pada cinta kasih secara mutlak sehingga tidak ada satu orang pun di dekat seorang muslim kecuali dia merasa aman dan damai. Namun, kekuatan Islam di Indonesia selaku agama mayoritas justru dimanfaatkan oleh para pelaku proxy war untuk melancarkan strateginya, yaitu radikalisme agama. Uniknya, pesantren, sebagai salah satu lembaga representasi muslim moderat ala Nusantara, dianggap memiliki emosional beragama yang lebih terkontrol. Terlebih pesantren yang berbasis tarekat seperti Pondok Pesantren An-Nur Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.
Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi transendental atau fenomenologi psikologis. Langkah ini digunakan untuk mendeskripsikan pengalaman hidup informan terkait dengan fenomena radikalisme agama.
Hasilnya, dari dua informan diketahui menempati kategori inert dalam tipologi action pyramid, dan masuk kategori neutral dalam tipologi opinion pyramid tetapi tetap berpotensi berpindah status ke justifiers karena kedua tipologi ini tidak berlaku skema tangga yang naik atau turunnya berpindah satu per satu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Radikalisme agama; Intensi radikalisme: Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:50
Last Modified: 25 Oct 2022 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17579

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics