Analisis peran dan kontribusi perbankan syariah dalam optimalsisasi pembiayaan UMKM : studi kasus Bank Syariah Indonesia ex. BRI Syariah KC Semarang

Irmawati, Atik Ika (2021) Analisis peran dan kontribusi perbankan syariah dalam optimalsisasi pembiayaan UMKM : studi kasus Bank Syariah Indonesia ex. BRI Syariah KC Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705036078_Atik Ika Irmawati_Lengkap] Text (Skripsi_1705036078_Atik Ika Irmawati_Lengkap)
1705036078_ATIK IKA IRMAWATI_SKRIPSI LENGKAP - Atik ika Irmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena dikalangan masyarakat awam tentang peran dan kontibusi bank terhadap optimalisasi pembiayaan UMKM yang dimana diketahui bahwa bank hanya memberikan suntikan modal saja kepada pihak masyarakat terutama pelaku UMKM akan tetapi kontribusi yang dilakukan pihak bnk terhada masyarakat UMKM sangat minim.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran bank terhadap optimalisasi pembiayaan UMKM, kontribusi bank terhadap optimaliasi pembiayaan UMKM dan apa tindakan bank dalam pengembangan UMKM. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif, yaitu data pada umumnya berbentuk uraian atau kalimat yang merupakan informasi mengenai keadaan sebagaimana sumber data, dalam hubungan masalah yang di selidiki.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran bank yaitu meberikan suntikan modal kepada masyarakat sedangkan kontibusi bank terhadap UMKM yaitu memberikan alternative pembiayaan, memberikan pendampingan dan monitoring, agar tidak terjadi kemacetan dan merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalisasikan pembiayaan dengan meningkatnya pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: UMKM; Bank Syariah Indonesia; BRI Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:42
Last Modified: 19 Oct 2022 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17587

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics