Pengaruh hipnoterapi terhadap motivasi berprestasi atlit bulutangkis Walisongo Sport Club (WSC) Semarang

Hayat, Nahrul (2022) Pengaruh hipnoterapi terhadap motivasi berprestasi atlit bulutangkis Walisongo Sport Club (WSC) Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604046090_Nahrul_Hayat_Lengkap] Text (Skripsi_1604046090_Nahrul_Hayat_Lengkap)
Skripsi_1604046090_Nahrul_Hayat.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran seorang atlet adalah berlatih dan belajar, perlu perlu kiranya motivasi berprestasitercipta. seiring dengan berkembangnya zaman motivasi berprestasi supaya lebih ditingkatkan. Bermain, keadaan ekonomi orang tua, orang tua yang broken home, lingkungan belajar tidak nyaman, lingkungan sekitar yang kurang kondusif itu adalah sebagian contoh kecil fenomena yang ada di sekitar kita saat ini. Sehingga mengakibatkan motivasi berprestasi menurun. Motivasi berprestasi sangat penting dalam pengembangan diri, sebab pengembangan diri adalah belajar, belajar adalah pengembangan diri. Jika seorang atlet ingin lebih sukses dibanding pencapaian keberhasilan atlet saat ini, kuncinya ialah jangan pernah berhenti belajar.
Salah satu cara yang mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan Motivasi Berprestasi adalah dengan Hipnoterapi . hipnoterapi bisa untuk memperbaiki kebiasaan buruk. Malas belajar dan berlatih, kebiasaan buruk dan juga bisa memperkuat memori. Dengan metode hipnoterapi, peran diri atlet akan terbantu, sehingga memudahkan proses belajarnya. Memahami arahan pelatih dan pelajaran dari berbagai sumber terpercaya jauh lebih cepat, saat menghafal jauh lebih mudah, karena semua akses pikiran dan otak diset kesana.
Hipnoterapi bisa membangkitkan semangat atlet, dan dapat mensugestikan berbagai sugesti positif yang bertujuan meningkatkan rasa percaya diri, motivasi, perasaan diri mampu dan berharga, dan citra diri positif pada atlet
Penelitian ini berjudul. “Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Motivasi Berprestasi Atlet Bulutangkis Walisongo Sport Club ( WSC ) Semarang.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi berprestasi atlet bulutangkis walisongo sport club ( WSC ) Semarang.
Penelitian ini bersifat kuantitatif eksperimen dengan rancangan eksperimen one group pre-test – posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala motivasi belajar. Yang mana diambil 27 subyek, terdiri dari 10 kelompok eksperimen dan 17 kelompok kontrol. Analisis data menggunakan teknik uji- t. Analisis data dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Program For Social Service) versi 16.00 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, motivasi berprestasi atlet bulutangkis walisongo support club semarang dengan menggunakan teknik Uji- T dengan bantuan program computer SPSS (statistics Product and Service Solution) 16.0 for Windows menunjukkan bahwa berdasarkan Uji- T yang digunakan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil olahan data pada saat pre-test dan post-test. Artinya motivasi motivasi berprestasi atlet bulutangkis walisongo support club semarang mengalami peningkatan setelah diberi treatment yang berupa Hipnoterapi.
Dari hasil uji analisis Independent Samples Test diperoleh nilai T sebesar - 53.912 dengan taraf signifikansi 0 sehingga berada di bawah 0,05. Artinya ada perbedaan perubahan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berarti ada perubahan nilai disebabkan oleh treatment hipnoterapi. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ada Pengaruh Hipnoterapi terhadap Motivasi Berprestasi atlet bulutangkis walisongo sport club Semarang” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hipnoterapi; Motivasi berprestasi; Walisongo Sport Club (WSC); Atlit bulutangkis
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:08
Last Modified: 26 Oct 2022 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17592

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics