Analisis santri milenial berwirausaha terhadap literasi mengajukan pembiayaan di Pesantren Darul Qolam

Rogo, Moch Rosyad Among (2021) Analisis santri milenial berwirausaha terhadap literasi mengajukan pembiayaan di Pesantren Darul Qolam. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705036089_Moch Rosyad Among Rogo_Lengkap] Text (Skripsi_1705036089_Moch Rosyad Among Rogo_Lengkap)
1705036089_Moch Rosyad Among Rogo_Full Skripsi - Moch Rosyad AR(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang karya tulis ilmiah ini adalah adanya fenomena generasi millenial yang diperkirakan akan mendominasi kuantitas sosial masyarakat di Indonesia. Dengan demikian maka perlu dilakukan sebuah penelitian tentang tingkat literasi pembiayaan yang dimiliki oleh santri generasi milenial. Karena dengan adanya tingkatan literasi yang bagus maka akan mempengaruhi literasi santri dalam mengambil keputusan pembiayaan.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian gabungan yaitu dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Dan dengan pendekatan fenomenologis yang dilakukan secara deskriptif analisis. Metode pengumpulan data diperoleh dengan cara mengumpulkan referensi kepustakaan, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Setelah terkumpul kemudian digambarkan dan dijabarkan secara jelas mengenai objek sesuai fakta yang ada di lapangan. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.
Dalam hasil penelitian ini dinyatakan literasi penegtahuan umum LKS yang dimiliki responden dominan namun dalam penegetahuan secara khusus masih dalam tingkatan less literate. selain itu, dampak kegiatan wirausaha terhadap literasi pengajuan pembiayaan memiliki hasil yang berimbang. Dengan demikian kegiatan berwirausaha tidak selalu berdampak positif pada literasi mengajukan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Santri; Milenial; Berwirausaha; Literasi pembiayaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:22
Last Modified: 20 Oct 2022 01:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17597

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics