Analisis pengetahuan tentang perbankan syariah pada masyarakat Desa lawangrejo Kabupaten Pemalang

Awaludin, Ahmad (2021) Analisis pengetahuan tentang perbankan syariah pada masyarakat Desa lawangrejo Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705036153_AhmadAwaludin_Lengkap] Text (Skripsi_1705036153_AhmadAwaludin_Lengkap)
1705036153_AHMAD AWALUDIN_Lengkap Tugas Akhir - Ahmad Awaludin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perbankan syariah merupakan suatu sistem perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum syariah (hukum Islam) yang mana perbankan syariah menerapkan sistem bagi hasil. Dalam perkembangannya, perbankan syariah tidak kalah dengan perbankan konvensional. Akan tetapi ada permasalahan yang terjadi di bank syariah, yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan masyarakat Desa Lawangrejo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif yang dilakukan dengan cara datang langsung ke Desa Lawangrejo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara informal kepada beberapa responden.
Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa pengetahuan dari masyarakat tentang bank syariah di Desa Lawangrejo yaitu masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari beberapa fakta yang telah peneliti teliti dilapangan diantaranya: 1) Pengetahuan tentang pengertian bank syariah menunjukkan 88% masyarakatnya kurang mengetahui. 2) Pengetahuan tentang perbedaan bank syariah dan konvensional menunjukkan 76% masyarakatnya kurang mengetahui. 3) Pengetahuan tentang produk-produk bank syariah 90% masyarakatnya kurang mengetahui. 4) Pengetahuan tentang promosi perbankan syariah menunjukkan 80% masyarakatnya kurang mengetahui.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perbankan syariah; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Oct 2022 06:34
Last Modified: 20 Oct 2022 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17614

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics